Meningkatkan Kwalitas Madrasah Dalam Ajang Porseni Dan Mapsi

Grobogan – Demi mewujudkan bakat siswa MTS dalam bidang olahraga, Kelompok Kerja Madrasah Tsanawiyah (KKMTs) 03 Kabupaten Grobogan, Rabu (24/10) mengadakan Porseni antar MTS Se KKMTs 03 dengan harapan bakat anak dapat berkembang sehingga dapat dibina pada tingkat selanjutnya untuk mewakili Kabupaten Grobogan atau bahkan Sampai Tingkat Provinsi.

Ratusan siswa dari seluruh lembaga Mts di bawah naungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Grobogan berkumpul dalam rangka mengikuti upacara pembukaan di MTs Yarrobi Kecamatan Grobogan. Dengan tema “Bersama Membangun Sportifitas, Kreatifitas dan Silahturahim Untuk Mewujidkan Madrasah Hebat Bermartabat” .

Ketua panitia Mashuri melaporkan kegiatan Porseni merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh KKMTs 03, dengan sistem pelaksanaan bergilir dari madrasah satu ke madrasah lainnya yang tergabung dalam KKMTs 03. Dengan tujuan sebagai ajang silahturahim antar Madrasah dan juga sebagai ajang kompetisi guna meningkatkan mutu dan kwalitas pendidikan terutama bidang pendidikan dan seni islam.

“Kegiatan Porseni dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 24-25 Oktober 2018 yang bertempat di MTs Manbaul Huda Grobogan. Dan diikuti 30 MTs yang terdiri dari 169 laki-laki dan 139 perempuan. untuk macam lomba terdiri dari Bola Volly Putra-Putri,Tenis Meja Putra-putri, Tenis meja campuran, serta Lari 100 meter putra-putri, Sepak takraw. Sementara cabang lomba Mapsi antara lain MTQ putra putri, Pidato Bahasa Arab Putra putri, Pidato Bahasa Inggris Putra putri, Kaligrafi,” urai Mashuri.  

Kepala Kantor Kemenag Kab.Grobogan Hidayat Maskur dalam sambutannya menyampaikan alhamdulillah kita bersama-sama bisa mengikuti porseni KKMTs 03 tahun ini yang berbarengan dengan hari santri nasional. kegiatan Porseni dan Mapsi bisa kita jadikan pondasi untuk membangun madrasah. Karena kegiatan Porseni dan Mapsi ini sebagai ajang untuk mencari bakat dan meningkatkan mutu dan kwalitas pendidikan terutama bidang pendidikan dan seni islam. Sehingga madrasah bisa tambah maju dan unggul dari sekolah-sekolah lain.

“Kegiatan Porseni dan Mapsi bukan untuk mencari kemenangan tetapi untuk mencari bibit-bibit baru yang bisa untuk mewakili diajang yang lebih tinggi seperti ajang PON yang sedang berlangsung. PON Jateng sendiri Kabupaten Grobogan masih menduduki peringkat ke 6 se Jawa Tengah,” terang Hidayat.

Disamping itu, Kepala Kemenag juga memberikan apresiasi kepada kepala Madrasah, diharapkan kegiatan dapat berjalan lancar dan memotivasi para murid untuk terus mengembangkan bakatnya dalam meraih prestasi.

“Selamat bagi siswa yang telah hadir disini sebagai perwakilan Mtsnya masing-masing, karena yang ada disini sudah ditunjuk sebagai wakil dari Mtsnya masing-masing sehingga peserta satu dengan yang lain berbeda kemampuan, pasti dalam pertandingan ada keinginan untuk menang, jadi jagalah sportifitas dalam bertanding,” pinta Kepala Kantor. (bd/gt)