Meningkatkan Profesionalisme melalui Lomba KTI Penghulu

Grobogan – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan masyaratkat yang dilaksanakan pada KUA Kecamatan dalam pencatatan nikah dan rujuk, Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah terus berupaya meningkatkan kualitas SDM pada KUA melalui penyelenggaraan lomba karya tulis ilmiah bagi penghulu. Dalam hal ini Bimbingan Masyarakat Islam (Bimasis) Kantor Kemenag Kabupaten Grobogan menyelenggarakan lomba karya tulis ilmiah bagi penghulu se-Kabupaten Grobogan. Dengan mengusung tema: Peran Penghulu Dalam Meningkatkan Layanan dan Bimbingan Masyarakat Muslim di Wilayah Kecamatan di Hotel Front One Purwodadi, Selasa (20/03).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Grobogan yang diwakili Kasi Bimas Islam Fahrurrozi mengatakan, lomba karya tulis ilmiah bagi penghulu tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan profesionalisme, transparansi dan akuntabilitas layanan yang dilaksanakan oleh penghulu kepada masyarakat. peserta dari penghulu per Kecamatan terdiri dari 19 peserta, dan sebagai dewan juri dari pejabat Kankemenag Kab.Grobogan.

“Dalam melaksanakan tugasnya, penghulu tidak hanya menjadi petugas administrasi yang melaksanakan proses pencatatan nikah, akan tetapi juga memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengembangkan visi dan misi kementerian agama,” kata Fahrurrozi.

Lebih lanjut, Selain metodologi dan substansi penulisan KTI, hal lain yang juga menjadi penilaian dalam lomba kali ini adalah presentasi KTI, serta attitude dari para peserta lomba. sehingga bisa meningkatkan kemampuan, kompetensi, profesionalisme, dan akuntabilitas layanan para penghulu khususnya di Kabupaten Grobogan. mengingat KUA merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Agama dalam hal pelayanan kepada masyarakat di bidang agama yang indikator keberhasilannya tercermin dari indeks kepuasan masyarakat terhadap kinerja atau pelayanan prima yang dapat diberikan oleh penghulu pada masing-masing KUA.

“Salah satu tujuan dari diadakan lomba ini adalah untuk dapat meningkatkan kemampuan para penghulu, dalam menyusun karya tulis Ilmiah dengan harapan bisa menjadikan penghulu yang profesional dalam melaksanakan tugasnya, serta melatih dalam penyusunan angka kredit dalam jabatan fungsional,” ujarnya.

Pemilihan Karya Tulis Penghulu Kecamatan se-Kabupaten Grobogan tahun 2018 dengan hasil rangking sbb : Mustain tempat tugas KUA Kecamatan Wirosari (Rangking Pertama), Imam Sanusi KUA Kecamatan Gabus (Rangking Kedua), Abdul Syukur pada KUA Kecamatan Purwodadi (Rangking Ketiga).(bd/gt)