Menuju Kualitas Penghulu Yang Profesional

Surakarta – Untuk meningkatkan profesionalitas penghulu di lima Kecamatan yang ada di Kota Surakarta, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surakarta, Musta’in Ahmad, menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi para penghulu dan ASN di lingkungan Kemenag Kota Surakarta di Aula Kemenag Kota Surakarta, Selasa (19/3) siang.

Acara yang diadakan setiap tahun tersebut dibuka oleh Kepala Kemenag Kota Surakarta, Musta’in Ahmad, dan diikuti oleh sepuluh penghulu yang terdiri dari Kepala KUA dan penghulu di lima Kecamatan yang ada di Surakarta serta ASN Kemenag  Kota Surakarta.

Hadir pada acara tersebut selain Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta, para juri yang terdiri dari Syamsuddin (Kasubag TU), Zarkasi (Kasi Pakis), dan HM. Nasiruddin (Kasi Bimas Islam),Pegawai Bimas, dan Ketua Pok Jaluh Kemenag Kota Surakarta.

Dalam sambutannya, Musta’in berharap agar kedepannya para penghulu itu harus bersikap cerdas dan profesional dalam melayani masyarakat disamping menguasai ilmunya yang berhubungan dengan regulasi-regulasi dan juga munakahat.

Disamping itu, katanya, penghulu juga terus mengasah kemampuannya dengan terus belajar dan belajar.

“Salah satu untuk meningkatkan kompetensi penghulu itu dengan diadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah,’ ujarnya.

Kepala KUA Jebres, Arba’in Basyar, ketika dikonfirmasi usai mengikuti KTI tersebut mengatakan bahwa Lomba Karya Tulis Ilmiah Kemenag tersebut untuk para penghulu dan Karyawan ASN yang dididik untuk mengasah kemampuan untuk tingkat pertama, Muda dan Madya.

Untuk meningkatkan profesionalitas para penghulu, lanjut Arba’in, tidak hanya mengikuti KTI saja. Akan tetapi, setiap tahunnya para penghulu itu masih diuji dengan bacaan kitab kuning dan lomba KUA teladan.

“Adapun yang dinilai dari lomba KUA teladan meliputi profil kepala KUA, administrasi, dan tingkat pelayanannya kepada masyarakat harus bagus dan maksimal,” pungkasnya. (giyat-rma/bd)