Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dalam Rangka Memperingati Hari Kebangkitan Nasional

Temanggung – Seluruh ASN Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menghentikan sejenak aktivitas kerjanya untuk menyanyikan lagu Kebangsaan Idonesia Raya di halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke 113 Tahun 2021,  saat waktu menunjukkan pukul 10.00 WIB Kamis (20/5).

Kegiatan tersebut dilakukan sesuai himbauan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Musta’in Ahmad dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Begitu dikatakan oleh Kepala Subbag TU, H. Agus Latif seusai menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Beliau mengatakan tidak hanya ASN Kementerian Agama yang melaksanakan kegiatan ini, seluruh elemen masyarakat yang ada di lingkungan kantor-kantor Pemerintah di wilayah Provinsi Jawa Tengah juga merespons dengan melakukan hal sama. Bahkan kurang dari 15 menit video-video menyanyikan lagu Indonesia Raya serentak diberbagai tempat sudah tersebar di media sosial dan grup-grup whatsapp.

Perlu diketahui, momentum hari Kebangkitan Nasional ini menjadi hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana pada tanggal tersebut merupakan hari lahirnya organisasi Boedi Oetomo (BO).

Budi Utomo sendiri merupakan organisasi yang bergerak dibidang sosial, ekonomi, dan kebudayaan, tetapi tidak bersifat politik. Selain itu, hari Kebangkitan Nasional menjadi momentum penguat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai kebhinekaan.

“Ayo sejenak hentikan aktivitas, kita berdiri tegap, nyanyikan lagu Indonesia Raya dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional,” ujarnya.

Dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara khidmat, sudah merupakan wujud untuk meneladani dan menghargai perjuangan para pendahulu bangsa. Sebab, mereka telah gagah berani menyuarakan berdirinya sebuah negara, ketika mayoritas orang di negeri ini belum tahu dan belum mengerti apa itu negara.

Dengan begitu, maka harapannya spirit nasionalisme semakin tumbuh dalam dada masyarakat. Akhirnya, hal itu bisa memperkuat kesadaran setiap warga pada persatuan kesatuan bangsa. “Selain itu juga penting untuk menyadari arti pentingnya berbhinneka dan saling menghormati perbedaan diantara kita. Semoga laku ini menambah kewarasan kita dan kewarasan negara kita. Terimakasih,” katanya.(sr/bd)