Meriahkan Bulan Bahasa, MGMP MTs Adakan Lomba Cipta Baca Puisi

Purbalingga – Dalam rangka Bulan Bahasa, MGMP Bahasa Indonesia MTs Kabupaten Purbalingga menyelenggarakan Lomba Cipta Baca Puisi bagi siswa Madrasah Tsanawiyah  se-kabupaten Purbalingga. Lomba yang diselenggarakan di Gedung Kesenian MTs Negeri 2 Purbalingga  ini diikuti oleh 27 Madrasah Tsanawiyah Negeri dan Swasta  se-Kabupaten Purbalingga, Selasa (17/10).

Ketua MGMP Bahasa Indonesia MTs Kabupaten Purbalingga, Agung Wisnu Aji selaku penyelenggara kegiatan menjelaskan bahwa kegiatan Lomba Cipta  Baca Puisi kali ini merupakan yang pertama.

“Kegiatan ini merupakan yang pertama kali, karena pada tahun sebelumnya kami menyelenggarakan lomba mendongeng. Dewan Juri kami undang dua orang, dari unsur guru Bahasa Indonesia SMA satu orang dan satu orang lagi Sastrawan. Sehingga netralitas dan sportifitas bisa kita kedepankan,” jelas  Agung.

Ditambahkan, sistem perlombaan dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama seluruh peserta menulis puisi ciptaannya. Tahap kedua diambil 10 besar terbaik, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan membaca puisi karya mereka masing-masing. Kepada seluruh peserta yang masuk nominasi 10 besar diberikan Piagam Penghargaan, sedangkan Piala dan Uang Pembinaan hanya diterimakan kepada Juara I, II dan III.  Besaran uang  pembinaan yang diberikan kepada Juara I adalah Rp 300.000,00, Juara II  Rp 250.000,00 dan Jura III Rp 200.000,00.

Berhasil menduduki Peringkat Terbaik I Safitri Nur Priyatin (MTs Mambaul Ikhsan Kertanegara),  Terbaik II Zulfa Nur Insyani (MTs Muhammadiyah 04 Purbalingga),  dan Terbaik III Arifa Anashifa Faza (MTs Ma’arif NU 04 Tamansari).

Ketua KKM MTs Kabupaten Purbalingga, Mundirin berpesan agar para siswa santun dalam menggunakan bahasa dan dalam menuangkan hasil-hasil kreatifitasnya. (sar/gt)