Meriahkan HAB, KKM gelar KSM

Pemalang – Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI, MTs, dan MA Kankemenag Kabupaten Pemalang pada hari ini, Kamis (13/12) menyelenggarakan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Pemalang. KSM diadakan untuk menyambut Hari Amal Bakti ke-73 Kementerian Agama di lingkungan Kankemenag Kabupaten Pemalang.

“Terima kasih kepada panitia yang telah menyelenggarakan KSM dalam rangka Hari Amal Bakti ke-73 di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang,” ucap Kepala Kankemenag Taufik Rahman mengawalisambutannya saat upacara pembukaan di halaman MTsN 1 Pemalang.

KSM, lanjut Taufik, sebagai sarana untuk menjaring siswa berprestasi di bidang ilmu pengetahuan yang terintegrasi dengan agama. Dia berpesan kepada para peserta untuk bersikap jujur dalam mengerjakan soal. Pun demikian dengan para operator dan korektor yang ia tuntut harus jujur.

“Melalui KSM mata pelajaran IPA, matematika yang diimbangi dengan ilmu agama isyaAllah akan melahirkan generasi yang siap menyongsong masa depan yang tidak lepas dari agama. Kita menyiapkan generasi penerus, bukan hanya untuk satu atau dua tahun mendatang, tapi sepuluh dua puluh tahun ke depan,” jelas Taufik.

Sementara itu, menurut Kepala MTsN 1 Pemalang, Mimbar dalam laporannya menyebutkan kegiatan ini sebagai sarana mengembangkan kompetensi siswa dan menggali potensi siswa.

“Tujuan KSM antara lain dapat meningkatkan kompetensi akademik siswa, dapat menggali informasi sedalam-dalamnya tentang potensi siswa,” kata Mimbar.

KSM diselenggarakan di tiga lokasi. Jenjang MI dilaksanakan di MIN 2 Pemalang, jenjang MTs dilaksanakan di MTsN 1 Pemalang. Dan jenjang MA dilaksanakan di MAN Pemalang. Untuk jenjang MTs dan MA, KSM dilaksanakan berbasis komputer.

KSM diikuti oleh 355 siswa dengan rincian 194 siswa MI, 93 siswa MTs, dan 68 siswa MA. Mereka berkompetisi sesuai jenjangnya. Untuk jenjang MI, dilombakan mapel Matematika dan IPA. Untuk jenjang MTs, dilombakan mapel IPA, IPS, dan Matematika. Sedangkan untuk jenjang MA dilombakan mapel Fisika, Biologi, Matematika, dan IPS. Semua mapel yang dilombakan terintegrasi dengan mapel PAI. (fi/rf)