Merumuskan Program Kerja Melalui RKM

Surakarta – Mengelola sebuah lembaga atau institusi, terutama instansi pendidikan memerlukan perencanaan yang matang. Perencanaan dibuat atas semua hal dengan baik dan teliti untuk mencapai tujuan pendidikan.

Hal ini juga dipahami oleh pimpinan MTsN 2 Surakarta untuk membuat rumusan perencanaan program kerja tahun 2019 mendatang. Pembuatan perencanaan kerja tersebut dilakukan dalam kegiatan Rapat Kerja Madrasah (RKM).

Untuk merumuskan program madrasah di tahun 2019 dengan memaparkan dan mempresentasikan rencana serta program kerja masing-masing bidang, MTsN 2 Surakarta menggelar RKM selama 2 hari, 22-23 September 2018. Rapat kerja tersebut bertempat di hotel Telaga Mas, Sarangan, Magetan, Jawa Timur.

Dalam arahannya, Bukori selaku kepala MTsN 2 Surakarta menegaskan bahwa RKM disusun sebagai pedoman kerja dalam pengembangan madrasah, untuk melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan, dan untuk mengidentifikasi serta memberdayakan sumber daya yang ada.

“Dengan membuat perencanaan kerja untuk tahun 2019 ini nanti saya harapkan masing-masing bidang sudah mempunyai pedoman kerja yang jelas dan terukur. Dengan demikian kegiatan yang akan dilakukan di tahun 2019 nantinya dapat dilaksanakan secara baik serta dapat meminimalisir kekurangan”, tegas Bukori.

RKM MTsN 2 Surakarta diikuti oleh 22 guru yang ikut mewakili bidang kerja masing-masing. Sebanyak sepuluh bidang kerja madrasah secara bergiliran menyampaikan rancangan programnya untuk tahun 2019. Bidang tersebut antara lain, bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, kehumasan, keagamaan, program khusus, laboratorium bahasa, perpustakaan, informasi dan teknologi, serta bidang publikasi dan dokumentasi.

Dengan mempresentasikan program kerja masing-masing bidang tersebut akan mendapat saran dan masukan demi kesempurnaan program kerja yang akan dilaksanakan. Maka tak heran jika rapat kerja madrasah ini berlangsung alot karena terjadi adu argumen dan gagasan.

“Alhamdulillah, setelah bersama-sama dan saling melengkapi, rencana program kerja MTsN 2 Surakarta untuk tahun 2019 dapat diselesaikan dalam Rapat Kerja Madrasah, untuk selanjutnya, hasil rapat tersebut akan dibukukan dan dijadikan pedoman dalam melaksanakan kegiatan tahun depan”, pungkas Bukori. (sdq_rma/d)