MGMP Kebumen Gelar Bedah Soal USBN

Kebumen-Salah satu langkah sukses UMBN adalah membreak down kisi-kisi soal USBN. Hal ini disampaikan Kasubbag TU Kankemenag Kabupaten Kebumen Suwaibatul Aslamiyah saat membuka kegiatan Workshop di Aula setempat, Senin (19/2). Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal 19, 25 dan 26 Februari menyesuaikan hari yang biasa digunakan untuk pelaksanaan MGMP. “Ini merupakan langkah yang sangat baik,” ucap dia dihadapan sekitar 100 peserta dari guru-guru PAI, “kami memberikan apresiasi kepada MGMP atas pelaksanaan kegiatan ini mudah-mudahan berjalan dengan lancar, lanjutnya.

Terkait dengan kebijakan untuk guru-guru PAI di Kebumen,  dia meminta agar guru PAI Kebumen sering mengikuti even-even yang kompetitif.  “Ini akan sangat baik dan bisa sebagai ajang pembelajaran juga pengalaman bagi guru,” ucapnya.

Disampaikan pula bahwa saat ini merupakan era dengan teknologi informasi yang berkembang denngan cepat. “Guru dengan kemampuan IT yang baik akan bisa menularkan kepada murid-muridnya,” katanya.

Terkait dengan hal tersebut, Kasubbag menyampaikan untuk tahun 2018 akan diselenggarakan kegiatan dalam rangka peningkatan SDM guru, kegiatan tersebut diantaranya :

1. Penguatan data EMIS,  ini untuk memantau pelaksanaan kegiatan agar semua guru tidak ketinggalan dalam proses pendataan

2. Penguatan kegiatan pembelajaran kurtilas.  Menurutnya kedepan guru-guru PAI akan menjadi idola bagi murid mereka.  Namun anggaran yang terbatas saat ini, maka tidak semua guru diikutkan dalam kegiatan tersebut.

3. Peningkatan kompetensi.  Arah kegiatan ini adalah untuk kenaikkan pangkat guru PAI. “Kami berupaya untuk melaksanakan kegiatan yang akan bermanfaat bagi guru PAI seperti pembuatan karya tulis ilmiah yang bisa diakui sebagai angka kredit.  Saya yakin semua guru bisa mencapai hal tersebut sehingga meminimalkan pengajuan angka kredit yang terkendala.

4. Manajemen komunikasi

Sebelumnya, pencairan sertifikasi dilaksanakan tiap bulan,  kemudian per triwulan. Namun hal ini bisa dilaksanakan jika pengumpulan berkas bisa berjalan dengan lancar, oleh karena itu syarat sertifikasi guru juga harus bisa dipenuhi dengan baik dan tertib.

5. Workshop penilaian kurtilas. Sementara ini penilaian kurtilas masih ada beberapa kendala,  melalui  kegiatan ini harapannya ada titik temu yg bisa dijadikan sebagai solusi.

Selain itu Kasubbag juga menyampaikan bahwa Kemenag Kebumen saat ini menjadi pilot project Penilaian Zona Integritas. Dia minta dukungan dan doa seluruh guru PAI agar pelaksanaan tersebut  bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan. “Penilaian akreditasi ini mirip dengan proses akreditasi di madrasah,” ujarnya. Jika program ini berhasil memperoleh nilai yang diharapkan maka Kemenag Kebumen mempunyai tanggung jawab yang lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Ini akan menjadi tanggung jawab besar kita bersama,” pungkasnya.(pt/rf)