MI Kedungtuban Gelar Kompetisi Pekan Olahraga Siswa

BLORA – Melalui semangat untuk meningkatkan kompetisi antar siswa Madrasah Ibtidaiyah, maka MI swasta se kecamatan kedungtuban menggelar Pekan Olahraga Madrasah Ibtidaiyah (POMI) yang diikuti oleh sekitar 14 MI kemaren di MTs Kartayuda Kedungtuban. baru-baru ini.

Berbagai jenis perlombaan yang diikuti siswa dengan penuh antusias antara lain  lompat jauh, lompat tinggi, lari 100 meter, catur, tenis meja, bola volly siswa dan  bola volly guru.

Dalam pembukaan yang dihadiri oleh Camat kedungtuban, kapolsek Kedungtuban, Danramil,kepala Sekolah MI dan tokoh masyarakat setempat, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Blora, Parmono menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya POMI tersebut sebagai sarana untuk meningkatkan kompetisi sportif siswa MI dan mengasah kemampuan siswa dalam bidang olahraga.

Sebenarnya, menurut Parmono ajang kompetisi seperti ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan prestasi siswa dalam bidang olahraga sehingga kalau ada even nasional maupun perlombaan di tingkat wilayah siswa MI di Blora bisa meraih prestasi yang membanggakan seperti adanya AKSIOMA dan lainnya sehingga kegiatan ini perlu dilakukan di kecamatan lainnya sehingga muncul bibit bibit atlit yang tagguh dari MI bahkan kalau perlu diikuti prestasi akademis sehingga MI bisa bersaing dengan sekolah umum lainnya.

Selain itu, parmono juga berterima kasih kepada panitia maupun penyelenggara lomba yang sudah mengkoordinir dan menyelenggarakan perlombaan secara mandiri dan swadaya dari masing masing sekolah  karena tidak tersedianya alokasi anggaran dari Kementerian Agama untuk lomba tingkat kecamatan.

“kami apresiasi semangat dari guru,siswa maupun koordinator dan panitia lomba yang telah bekerja bersama sehingga ajang kompetisi olahraga yang sangat positif ini bisa terselenggara dengan baik sehingga perlu dilanjutkan di kecamatan lainnya dan meskipun swadaya ternyata hasilnya sangat membanggakan”ujarnya.

Fahrur selaku Ketua Panitia, menyampaikan tujuan diselenggarankannya lomba ini adalah untuk meningkatkan minat sportifitas siswa terutama dalam bidang olahraga dan memupuk silaturahim antar sekolah MI di Kecamatan kedungtuban sehingga bisa saling memajukan prestasi siswa MI.

“kami mengharapkan perlombaan ini bisa mempererat persaudaraan MI di Kecamatan Kedungtuban khususnya dan saling meningkatkan minat siswa terhadap prestasi di bidang olahraga supaya muncul bibit yang berkualitas” paparnya.

“semoga ajang kompetisi seperti ini bisa digelar di tingkat kecamatan lainnya dilanjutkan kabupaten dan Blora bisa mewakili ke tingkat propinsi maupun nasional karena anak akan terlatih memiliki jiwa sportif dan bermental juara” imbuhnya.

Fathur mengaku bahwa meskipun melalui dana swadaya,  Beberapa sekolah sangat antusias mengikuti lomba antara lain MI Assalam I Wado, MI Assalam II wado, MI Assalam kemantren, MI Assalam Bajo, Mi Assalam Gondel, MI Islamiyah Ma’arif Pulo, MI Muhammadiyah Sudung, MI Muhammadiyah Panolan, MI Miftahul Huda Ketuwan, MI NU Sudung, MI Al Hidayah Panolan, Mi Attaqwa Kedungtuban, MI NU Jimbung, MI Mujibiyah Sidorejo.

Adapun yang menjadi juara dalam lomba tersebut adalah lompat Jauh Juara pertama Mi Islamiyah Maarif Pulo (Putra), Mi Mujibbiyah Sidorejo (Putri), Lompat tinggi juaranya Mi Assalam kemantren (Putra), Mi At Taqwa Kedungtuban (Putri), lomba lari 100 meter juaranya MI IM Pulo (Putra), Mi Assalam Gondel (Putri), lomba catur juaranya MI Assalam II Wado(Putra) dan MI Assalam II Wado(putri), lomba tenis meja Juaranya MI Assalam I Wado (putra) dan Mi Assalam I Wado (Putri), lomba Bola Voli siswa juaranya MI Assalam Gondel (Putra) dan MI Assalam I Wado (Putri), lomba bola volly guru juaranya Mi Assalam Wado. (ima/bd)