MI Muhammadiyah Semampir Terpilih Jadi Tempat Penyelenggaraan Hari CTPS Sedunia

Banjarnegara – Dalam rangka memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia tanggal 15 Oktober 2021, MI MUhammadiyah Semampir ditunjuk oleh kelurahan Semampir untuk tempat penyelenggaraan acara tersebut. Acara dihadiri oleh Lurah Kelurahan Semampir, Ketua PKK, Dinas kesehatan dan Anggota PKK pokja 4 Kelurahan Semampir. Dari pihak MI diikuti beberapa siswa dan dewan Guru yang tidak mengikuti pembelajaran di kelas.

Kepala MI Muhammadiyah Semampir, Khusnul Hidayati mengucapkan bahagianya, madrasahnya bisa dipilih oleh kelurahan semampir untuk acara ini. “Alhamdulillah madrasah kami terpilih menjadi tempat penyelenggaraan CPTS, semoga ini hal ini menjadi motivasi bagi madrasah untuk terus menekankan hidup sehat kepada siswa-siswa,” ucapanya.

Sementara itu Ketua PKK Kelurahan Semampir, Chikmah Siti Rahayu dalam pembinaannya menjelaskan betapa pentingnya menjaga kebersihan tubuh salah satunya kebersihan tangan.

“Tangan yang kotor akan membawa banyak bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan beberapa penyakit. Untuk itu sebaiknya selalu menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan dengan sabun,” ungkapnya

Kegiatan selanjutnya disampaikan oleh Linda dari Dinas Kesehatan, beliau menjelaskan pentingya cuci tangan dan kapan saja waktu mencuci tangan. “Mencuci tangan sebaiknya setelah mengerjakan suatu kegiatan seperti memegang uang, setelah buang air besar dan buang air kecil, dan juga sebelum dan sesudah makan,” jelasnya

Kegiatan selanjutnya adalah praktek langsung mencuci tangan pakai sabun. Awalnya siswa diberi contoh terlebih dahulu cara cuci tangan yang benar,kemudian siswa bergantian mempraktekannya langsung.

Siswa maju praktek cuci tangan secara bertahap, masing masing tempat cuci tangan diisi oleh tiga siswa kemudian siswa lain secara tertib dan teratur bergantian mencuci tangan dengan pengawasan dan kontrol dari anggota PKK POKJA 4 kelurahan Semampir yang berjumlah 6 orang.

Dengan Kegiatan ini MI Muhammadiyah semampir semakin optimis para siswa lebih ketat menjaga kebersihan khususnya kebersihan tangan.Dan menjadikan slogan “Kebersihan Sebagian Dari Iman” sebagai pegangan hidup sehari hari. (khy/ak/rf)