MIM Banaran Sambungmacan Launching Majalah Madrasah

Sragen – Untuk mewujudkan madrasah yang kreatif, inovatif dan berkarya, MI Muhammadiyah Banaran melakukan peluncuran majalah madrasah yang diberi nama MIMBar Smart. Majalah Triwulanan tersebut adalah hasil kreatifitas madrasah untuk memberikan wadah bagi guru dan siswa dalam berkreasi dan bereksplorasi.

Dalam kesempatan peluncuran edisi perdana Mimbar di RM Manunggal Rasa Sambungmacan, Minggu (18/06) Perwakilan Yayasan (Muhammadiyah) Samadi mengatakan bahwa dengan majalah ini diharapkan semua warga madrasah dapat memanfaatkannya.

“Harapan kami, semoga majalah ini dapat terus berkarya sehingga dapat dijadikan  media informasi yang positif dari madrasah, khususnya kepada warga madrasah dan umumnya kepada masyarakat” harap Samadi.

Kepala MIM Banaran Sambungmacan, Iswatik menjelaskan bahwa pemilihan nama MIMbar Smart merupakan ikhtiar dari guru-guru Mim Banaran Sambungmacan. Kata Mimbar merupakan akronim dari Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Banaran. Sedangkan MIMBar sendiri mempunyai arti di dalam KBBI adalah panggung kecil tempat berkhotbah (berpidato). Tentunya pidato/ ceramah dalam kebaikan. Pemilihan Kata Smart juga merupakan dari kependekan dari Santun, Mandiri, Aktif, Rajin, Terampil.

“Dari kata tersebut kami berharap bahwa madrasah kami menjadi tempat untuk menyampaikan kebaikan (seperti halnya mimbar) yang terus menerus dan berkesinambungan untuk menghasilkan manusia yang cerdas/pintar, sehingga akan menjadikan anak yang Santun, Mandiri, Aktif dan Rajin” jelas Iswatik. “Dan pada akhirnya akan menjadi anak yang Terampil dalam kelebihannya masing- masing,” pungkasnya.

Sementara itu Kasi Pendidikan Madrasah H. Irwan Junaidi saat dimintai komentar tentang launching majalah madrasah tersebut menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada MIM Banaran dan berharap dapat diikuti madrasah lain.

“Selamat dan terimakasih kepada MIM Banaran Sambungmacan yang telah melaunching majalah madrasah, saya berharap majalah ini dapat dimanfaatkan sebaik-baikya untuk peningkatan kemampuan siswa dan guru,” kata H. Irwan. “Dan bahkan saya berharap, madrasah lain bisa menirunya, agar informasi dan transparansi madrasah dapat diketahui masyarakat, khususnya wali murid” tambahnya.

Majalah MIMbar Smart berisi tentang artikel dari berbagai pakar, kajian keagamaan, informasi umum, informasi madrasah, serta beberapa tugas kreativitas siswa. Dengan kehadiran majalah ini juga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi madrasah dengan para pihak lain. (is/ira1/Wul).