MIM Danan Wonogiri Sabet 4 Medali Emas Di UNS Open VIII Kejuaraan Pencak Silat Nasional

Wonogiri – Kembali lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri yang berada di pinggiran Kabupaten, Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Danan, Giriwoyo Wonogiri  mampu mencetak prestasi di bidang olah raga, dengan menyabet 4 medali emas dan  2 medali perak.

Di ajang nasional yaitu UNS Open VIII Kejuaraan Pencak Silat Kategori SD/MI Tingkat Nasional Tahun 2018,  Jum’at – Minggu (27-29/04) di GOR Raden Said Karanganyar yang diikuti 728 peserta asal Jawa Tengah dan sekitarnya. Para atlet muda di 13 kontingen ini binaan perguruan silat ternama di daerah masing-masing.

Menurut  Kepala MIM Danan, Ngatiyem menyampaikan bahwa MIM Danan mengirimkan 6 peserta dan mendapat juara semua, menurutnya  sistem pertandingannya sesuai aturan IPSI (ikatan pencak silat seluruh Indonesia) tahun 2012. Satu lawan satu, hingga keluar pemenang. Kemudian antar pemenang diadu lagi.

Dia mengatakan, ajang kali ini menjadi tolak ukur kemampuan para pesilat pemula di usia 7-10 tahun. Peserta kebanyakan murid perguruan silat yang masuk di ekstrakulikuler sekolah serta belum pernah berkompetisi di gelanggang terbuka.

“Paling tidak ajang ini bisa menjadi pengalaman anak didik kami, anak-anak bisa merasakan pengalaman bertanding dan alhamdulillah dengan menyabet 4 medali emas dan  2 medali perak,” jelas Ngatiyem.

Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) / MI Kecamatan Giriwoyo, Majid di temui di tempat kerjanya, Rabu (02/05) menyampaikan  apresiasi dan rasa bangga serta terharu, karena madrasah di pedesaan terbukti mampu bersaing dengan sekolah umum di ajang nasional, ini menjadi indikasi madrasah semakin berprestasi di berbagai bidang.

Menurut Majid, prestasi ini harus menjadi cambuk dan entry point bagi Madrasah di Wonogiri untuk selalu meningkatkan komitmen, integritas, kinerja yang bagus dan prestasi yang tinggi, tingkatkan semangat kerja, kreativitas, dedikasi dan komitmen serta kinerja.

“Kami mengucapkan selamat kepada adik-adik beserta pelatih dan guru dan kepala sekolah atas prestasi yang luar biasa tersebut, sehingga mampu mengharumkan nama daerah utamanya Kemenag Wonogiri di ajang nasional. Kepala madrasah agar mendorong dan mendukung anak-anak agar terus berprestasi. Tidak ada yang tidak mungkin, kalau ada kemauan dari kita semua,” pesan Majid.

Sedangkan secara keseluruhan MI di wilayah Giriwoyo mampu merebut 7 emas, 7 perak dan 4 perunggu meliputi MIM Danan, MIM Bamban, MIM Gedongrejo, MIM Sirnoboyo. (Mursyid_heri/Wul)