MIN 1 Cilacap Berjaya Di Pesta Siaga Tingkat Kwarcab Cilacap

Cilacap – Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Cilacap berhasil menorehkan prestasi terbaik di kancah Pesta Siaga 2018 tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Cilacap yang digelar Sabtu (10/2) di Lapangan Kecamatan Gandrungmangu. Atas raihan terbaiknya, Barung Hijau putra ini akan mewakili Kwarcab Cilacap 11.01 tampil dalam kegiatan yang sama di tingkat Binwil Banyumas.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap, Jamun di tempat terpisah memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Gudep MIN 1 Cilacap. Pihaknya merasa bangga atas prestasi yang ditorehkan madrasah.

“Prestasi MIN 1 Cilacap di Pesta Siaga tingkat Kabupaten Cilacap ini sangat bertepatan dengan momen Gerakan Sadar Madrasah (GSM). Prestasi ini tentunya menjadi bukti bahwa madrasah semakin lebih baik dari pada sekolah. Dan saya berharap mata masyarakat akan semakin terbuka kepada madrasah. Sehingga animo dalam menyekolahkan anak-anak ke madrasah juga akan semakin tinggi,”Katanya.

Ketua Majelis Gugus Depan (Kak Mabigus) MIN 1 Cilacap, Ellis Satyawati mengungkapkan, prestasi yang diraihnya tidak lepas dari kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas seluruh elemen terkait. Menurutnya, kerja sama dan kebersamaan menjadi faktor utama pendorong para siswa menuju prestasi terbaiknya.

Sementara itu, Pelaksana tugas Sekda Cilacap, Farid Maruf berkesempatan membacakan sambutan Bupati Cilacap pada upacara pembukaan. Menurutnya, Gerakan Pramuka berkewajiban membina generasi muda agar tumbuh dengan kepribadian yang baik, bertangguung jawab, dan mampu mengisi kemerdekaan guna mewujudkan pembangunan nasional.

“Melalui kegiatan ini, Nanda akan menerima banyak ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Baik wawasan, kedisiplinan, ketangkasan dan keterampilan maupun kemandirian dalam rangka pengembangan diri baik fisik maupun mental pikiran, sesuai tingkat kemampuannya”, katanya.

Lebih lanjut dipaparkan bahwa Kepramukaan merupakan proses pendidikan yang praktis di luar sistem pendidikan sekolah dan keluarga. Selain itu, kegiatannya banyak dilakukan di alam terbuka dalam bentuk yang menarik dengan menerapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan untuk membentuk kepribadian dan watak berakhlak mulia.

Untuk itu dia berharap, kegiatan tersebut agar dimanfaatkan sebagai wahana mempererat tali silaturahmi serta bertukar informasi dan memupuk semangat persatuan dan kesatuan sesama anggota Pramuka Siaga se–Kabupaten Cilacap. (On/bd)