MIN 1 Cilacap Runner Up Di Pesta Siaga Binwil Banyumas

Cilacap – Madrasah ibtidaiyah negeri (MIN) 1 Cilacap berhasil menorehkan prestasi di ajang Pesta Siaga Kwarda Jawa Tengah Binaan Wilayah (Binwil) Banyumas Tahun 2018. Kejuaraan tersebut diikuti sebanyak 240 Pramuka Siaga dari Kwarcab Cilacap, Banyumas, Purbalingga, dan Banjarnegara di Objek Wisata Benteng Pendem Cilacap akhir pekan lalu.

Berdasarkan hasil penilaian Dewan Juri,  MIN 01 Cilacap dengan nilai 870,75 menjadi Juara II dari Kwarcab Cilacap, dan juara III SD Negeri 02 Jambusari, Kecamatan Jeruklegi, dengan nilai 869,75 dari Kwarcab Cilacap. Sedangkan juara I SD Negeri 2 Limpakuwus dengan nilai 871,50 dari Kwarcab Banyumas.

Kepala MIN 1 Cilacap, Ellis Satyawati mengucapkan syukur atas raihan perestasi anak didiknya. Juara terbaik kedua merupakan kado terbaik pada even akbar tahun ini meskipun menurutnya hasil ini meleset dari target, yakni sebagai yang terbaik.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras para siswa dan pembina serta orang tua. Karena tanpa kerja keras dan koordinasi serta saling pengertian antara siswa dan pembina, prestasi ini akan sulit diraih. Apresiasi juga kami sampaikan kepada para orang tua yang telah mencurahkan dukungan baik moral maupun sepiritual kepada anak-anaknya. Sehingga kami dapat menjadi terbaik kedua,”Katanya.

Sementara itu, Kakankemenag Kab. Cilacap, Jamun secara terpisah memberikan apresiasi kepada MIN 1 Cilacap yang kembali membawa harum nama madrasah. Dia berharap prestasi yang diraihnya dapat memacu madrasah-madrasah lain agar lebih maju. Dengan begitu menurutnya, prestasi akan semakin merata dan madrasah dapat mendominasi. Hal ini tentunya dapat dijadikan bukti bahwa madrasah lebih maju.  

Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman saat memberikan sambutan mengatakan, pesta siaga jangan dianggap sebagai beban, melainkan sebagai aktivitas yang cukup menyenangkan. Terlebih kegiatan tersebut memang telah dirancang untuk membuat Pramuka Siaga merasa senang dan gembira.

”Ikuti kegiatan pesta siaga dengan senang hati, penuh semangat, serta riang gembira,” kata Syamsul. Ketua Harian Kwarcab 11.01 Cilacap, Sujito, selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan, Pesta Siaga Kwarda Jateng Binwil Banyumas tahun ini diselenggarakan di Objek Wisata Benteng Pendem Cilacap.

Namun, penilaian kegiatan dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Benteng Pendem dan di SMP Negeri 1 Cilacap. Setiap Kwarcab mengirimkan tiga barung putra dan tiga barung putri. Tiap barung terdiri atas 10 Pramuka Siaga. Mereka didampingi satu orang pembina mahir golongan siaga.

Tiap kwarcab dipimpin satu orang andalan cabang selaku pimpinan kontingen cabang. ”Materi kegiatan yang dinilai meliputi kompetensi dasar yaitu ketakwaan, tanda pengenal, baris berbaris, bumbung kemanusiaan, dan rangking satu siaga gembira.

Kegiatan yang lain yaitu seni budaya, lempar tangkap tongkat, pengamatan dan daya ingat, scouting skill simpul, dan scouting skill kompas,” kata Sujito.(On/bd)