MIN 11 Boyolali Mendapat Edukasi Hidup Bersih dan Sehat

Karanggede (Humas MIN 11) – Dalam rangka  menerapkan hidup bersih dan sehat sejak dini, para siswa MIN 11 BOYOLALI  mendapat edukasi  dari Mahasiswa Fak. Ilmu Kesehatan  Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tentang  cara  mencuci tangan yang benar dan  memilih jajanan yang sehat, Jumat (06/04). Kegiatan penyuluhan ini  digelar pukul 07.00 WIB  yang dikuti oleh seluruh siswa kelas  1 sampai  kelas 6  yang berjumlah 316 siswa bertempat di halaman MIN 11 Boyolali.

Koordinator mahasiswa, Mogi  mengatakan, dirinya  dan tim akan mengajarkan melakukan cuci tangan pakai sabun yang benar yaitu dengan 7 langkah. “Telapak depan, punggung tangan , sela jari, jari, jempol, kuku jari sampai pergelangan tangan. Semua harus kena sabun dan air mengalir,” ujarnya. Menurutnya, cuci tangan pakai sabun bisa membebaskan diri dari terkontaminasi penyakit.

Ia menambahkan, memberikan edukasi keseharan  sejak dini sangat penting. “Menyadarkan anak-anak bahwa mencuci tangan hingga bersih sebelum makan dan sesudah melakukan aktifitas  merupakan cara paling mudah, murah, dan sederhana agar terhindar dari berbagai penyakit,” tambahnya.

Selain itu, anak- anak juga akan dikenalkan macam – macam jajanan atau makanan yang sehat. Banyak sekali pilihan makanan atau jajanan yang dijual di sekitar sekolah. Anak anak harus teliti dalam memilah mana jajanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi. Mereka juga diajarkan cara memlilih jajanan yang sehat, diantaranya harus bersih, cek tanggal kadaluwarsa dan harus tercantum logo halal di kemasan bungkusnya. Diharapkan dengan memilih makanan yang sehat anak anak dapat terhindar dari penyakit.

Kegitan yang berlangsung kurang lebih 1,5 jam tersebut berlangsung dengan sangat meriah. Siswa sangat antusias mengikuti karena dalam memberikan penyuluhan tim mahasiswa menggunakan  banyak game dan memberikan doorprize bagi siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Selain itu juga dikenalkan  senam cuci tangan yang sangat menarik sehingga anak dapat lebih mudah mengingat urutan mencuci tangan yang benar. (min11/jaim/Wul)