MIN 3 Tegal kirimkan 2 wakil susun naskah soal USBN SD/MI

Tegal (Slawi)– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal mengadakan penyusunan naskah Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk SD/MI di SD Negeri Bogares Kidul 02 Kec. Pangkah Kab. Tegal mulai Selasa sampai Kamis(29-31/1).

Sebanyak 24 orang ditugaskan untuk menyusun tiga naskah soal yang terdiri dari Bahasa Indonesia, Matematika, IPA. Dari 24 orang tersebut MI Negeri 3 Tegal mengirimkan dua wakilnya menjadi tim sunkah untuk mapel IPA dan Matematika. Kasi dikdas dikbud Kab. Tegal, Ramdhon, mengatakan bahwa baru tahun ini sunkah USBN dilaksanakan oleh tim Kabupaten walaupun menurut peraturan sebetulnya bisa dilaksanakan tahun sebelumnya.

“Kami mengumpulkan 24 orang guru terpilih dari SD dan MI untuk menyusun soal USBN. Kami sudah koordinasi dengan LPMP tetapi belum ada perintah dari atas terkait hal ini. Karena dari provinsi tidak ada kegiatan sunkah kami mengambil inisiatif untuk mengambil jatah 75% soal yang harus disusun oleh KKG Kabupaten,” terang Ramdhon.

Sementara Kabid dikdas, Taufik Hidayat  mengingatkan agar  para guru dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya dan menjaga kerahasiaan soal yang dibuat. “ Ini adalah tugas negara, sudah ada surat tugas buat bapak dan ibu. Dan yang paling penting adalah menjaga kerahasiaan soal ini. Saya yakin bapak ibu profesional, kerahasiaan adalah hal utama, pastikan dalam membuat soal juga memperhatikan kemampuan siswa,” ungkap Taufik.

Taufik juga mengapresisasi partisipasi guru-guru yang sudah hadir baik dari SD maupun MI yang ikut dalam penyusunan soal USBN ini, ia berharap ke depan agar dalam setiap kegiatan dapat dilaksanakan tepat waktu sehingga acara berjalan dengan lancar. (gus27/rf)