Siswa siswi MIN 9 Boyolali serius mengerjakan ANBK

MIN 9 Boyolali Laksanakan ANBK

Boyolali – Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional di MIN 9 Boyolali dilaksanakan pada gelombang 2 tanggal 17-18 November 2021. Asesmen Nasional pada MIN 9 Boyolali hanya diikuti oleh kelas 5 yang menjadi sampling. Jumlah siswa kelas 5 MIN 9 Boyolali adalah 35 siswa. sebanyak 30 siswa yang menjadi sampling untuk Asesmen Nasional, sedangkan 5 siswa sebagai cadangan. Sebagai penanggung jawab adalah Kepala Madrasah Sugiyanto, pengawas Anik Ristanti, proktor Amiruddin Fattah, dan teknisi Zaenal Arifin. 

Dalam pelaksanaannya, siswa-siswi MIN 9 Boyolali mengerjakan dengan baik dan lancar. Kendala yang terjadi hanya pada jaringan, terkadang tidak menyambung dan terjadi error saat mengerjakan. Siswa-siswi mengerjakan dengan serius dan sungguh-sungguh. Proktor dan teknisi juga ikut membantu saat siswa dan siswi mengalami kendala saat masuk login dan saat error dalam mengerjakan.

“Alhamdulillah pelaksanaan assesmen kompetensi madrasah pada MIN 9 Boyolali berjalan lancar, adapun kendala pasti ada, tetapi itu dapat diatasi oleh tim proktor dan teknisi, kami berharap hasil assesmen ini dapat menjadi rujukan bagi kami dalam mengembangkan madrasah melalui penilaian terhadap siswa siswi.” Kata sugiyanto

Pelaksanaan Asesmen Nasional di MIN 9 Boyolali berjalan dengan lancar. Ada 2 sesi waktu yang digunakan dalam Asesmen Nasional, yaitu sesi pertama dilakukan pukul 08.00 WIB sampai 10.35 WIB dan sesi kedua dilakukan pada pukul 13.00 WIB sampai 15.35 WIB. Pelaksanaannya Asesmen Nasional menggunakan moda full online. Menggunakan 15 komputer client dengan 1 komputer untuk proktor.(ZA/Zoelva/Jaim/rf)