MIN Pecabean Raih Juara III Lomba Siaga Keselamatan

Slawi – Politeknik Keselamatan dan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal merupakan sebuah Perguruan Tinggi yang selalu konsisten mengampanyekan keselamatan berkendara dengan aman, salah satu program unggulannya adalah dengan menggelar Lomba Siaga Keselamatan untuk Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kabupaten dan Kota Tegal yang bertema “Generasi Smart, Generasi Selamat” pada Sabtu (13/01) di lingkungan kampus PKTJ Tegal.

Acara yang menekankan pentingnya kesadaran keselamatan berkendara pada anak usia 9-12 tahun ini dilaksanakan dalam rangka sosialisasi tentang cara-cara berkendara dan pengenalan rambu-rambu keselamatan khususnya pada anak-anak sekolah. Kegiatan yang diadakan oleh PKTJ Tegal mengajak anak-anak khususnya siswa-siswi SD/MI untuk menyalurkan minat dan bakat yang dimilikinya dalam kompetisi Lomba Siaga Keselamatan. Semua fasilitas lomba tersebut diberikan secara gratis. Peserta lomba mendapatkan buku panduan dan materi tentang lalu lintas, alat tulis, dan makanan ringan.

“Lomba ini bertujuan untuk menanamkan pentingnya kesadaran keselamatan berkendara aman di jalan sejak usia dini dan kami juga memfasilitasi bakat yang dimiliki anak-anak dalam sebuah kompetisi yang menyenangkan salah satunya Lomba Siaga Keselamatan," ujar Febriansyah selaku panitia pelaksana kegiatan.

Tidak ketinggalan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Pecabean juga mencoba mencari pengalaman baru yakni mengikuti lomba yang diadakan PKTJ Tegal tersebut. Didampingi langsung oleh Kepala MIN Pecabean Shofar Sholahudin Bisri, regu dengan beranggotakan tujuh anak ini sangat antusias mengikuti lomba.

“Kami sangat bangga kepada anak-anak didik kami yang dengan semangatnya mengikuti lomba Siaga Keselamatan ini, untuk ke sekian kalinya MIN Pecabean mengikuti even di luar lingkungan formal pendidikan yang mana ini merupakan suatu sarana pengenalan terhadap dunia luar sebagai implementasi serta langsung mempraktekan materi yang dipelajari di madrasah khususnya tentang pengenalan rambu-rambu lalulintas dan keselamatan jalan. Semoga keikutsertaan madrasah kami menjadi inspirasi bagi madrasah lain,” ucap Shofar di sela-sela acara lomba.

Acara yang dikemas dengan kegiatan yang mendidik sekaligus menyenangkan ini mendapat sambutan hangat dari para orangtua dan guru yang mendampingi anaknya saat mengikuti lomba. “Sangat bagus dan positif untuk pendidikan safety bagi anak-anak dengan kegiatan yang menyenangkan. Kalau bisa lebih sering diadakan kegiatan seperti ini”. kata Subkhiatin, guru yang ikut mendampingi selama pelaksanaan lomba.

Antusias peserta dalam mengikuti lomba sangat tinggi dan semua peserta dari MIN Pecabean mengaku belum pernah mengikuti lomba Siaga Keselamatan yang diadakan PKTJ Tegal ini. “Kalau aku sangat penasaran dan tertantang untuk mengikuti lomba Siaga Keselamatan ini, belum pernah soalnya ikut lomba yang seperti ini”. Tutur Adin siswa kelas 4 MIN Pecabean.

Adapun hasil dari lomba Siaga Keselamatan yang diadakan PKTJ Tegal yakni Juara I diraih oleh SD Negeri Panggung 05, Juara II direbut oleh SD Negeri Panggung 10 dan Juara III disabet oleh MIN Pecabean. Semoga menjadi motivasi dan inspirasi bagi sekolah/madrasah lain. (mst/rf)