Eratkan Persaudaraan, Ambalan Gajah Mada-Srikandi dan Soedirman-Cut Nyak Dien Gelar Latihan Gabungan

Banjarnegara – Pramuka Ambalan Gajah Mada dan Ambalan Srikandi MAN 2 Banjarnegara menggelar acara Latihan Gabungan (Latgab) bersama Ambalan Soedirman dan Ambalan Cut Nyak Dien MAN 1 Banjarnegara, Rabu (26/5). Kegiatan ini dilaksanakan di indoor MAN 2 Banjarnegara dan diikuti oleh 17 orang peserta perwakilan dari kedua madrasah tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ada beberapa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk menjalin silaturahmi antar anggota ambalan, menambah kekompakan, sharing ilmu kepramukaan dan scouting skill. “Kami tentu sangat mendukung kegiatan ini, meskipun sedang pandemi, tapi tidak menjadi alasan untuk terus berlatih memperkaya diri dengan wawasan pengetahuan dan keterampilan. Tetap semangat dan jaga kekompakan serta kesehatan,” ungkap Ridlo Pramono selaku Kepala Madrasah.

Rowi selaku Pembina Pramuka dan Ketua Gudep (Gugus Depan) dalam sambutannya menyampaikan kegiatan tersebut agar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk saling melengkapi pengetahuan dan wawasan terkait dengan kepramukaan. “Kegiatan Latgab ini silahkan untuk saling melengkapi. Terkadang ada perbedaan antara Gudep yang satu dengan lainnya. Tapi kita adalah Pramuka sehingga mari sama-sama belajar. Semoga tidak hanya latihan gabungan antar Gudep saja, tapi bisa satu Kwarcab (Kwartir Cabang) bisa mengadakan kegiatan PTKU (Pengambilan Tanda Kecakapan Umum) atau PBA (Pengambilan Badge Ambalan) bersama-sama,” jelasnya.

Sementara M. Alvin Maulana selaku Pradana Putra menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini merupakan latgab pertama dalam kepengurusannya. “Alhamdulillah sejauh ini berjalan lancar. Semoga kegiatan Pramuka seperti ini terus berjalan meski di tengah pandemi, ke depan targetnya tidak hanya dua Gudep yang latihan bersama, tapi bisa bertambah dengan Gudep lain,” pungkasnya.

Acara yang berlangsung dari jam 09.00 sampai jam 12.30 WIB tersebut dimulai dengan apel pembukaan, PBB (Peraturan Baris Berbaris) keakraban, scouting skill, dan diakhiri dengan apel penutup. (ta/ak/rf)