MIN Pekuncen Juara 3 Pesta Siaga Tingkat Kabupaten

Cilacap – Sebanyak 480 pramuka siaga dari 24 Kwartir Ranting (Kwarran) se-Kabupaten Cilacap mengikuti pesta siaga yang diselenggarakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka 1101 Kabupaten Cilacap di Alun-alun Kecamatan Wanareja, Sabtu (25/2).

Pesta siaga 2017 dibuka Bunda Tetty Suwarto Pamuji dengan ditandai pelepasan balon, dilanjutkan pengalungan kartu identitas kepada perwakilan peserta oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Ketua panitia, Teguh Sunarko mengatakan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menanamkan dan meningkatkan wawasan kebangsaan. Memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta menanamkan jiwa kejuangan kepada generasi muda.

Sementara itu, menurut Bunda Tetty, pesta siaga sangat positif dan bermanfaat karena di samping sebagai sarana selaturahmi, kegiatan tersebut juga dapat dijadikan sebagai ajang untuk bertukar informasi, pengalaman, keterampilan dan ketangkasan antar pramuka siaga.

Pada even bergensi tersebut, Barung Hijau MIN Pekuncen Kecamatan Kroya berhasil menjadi juara terbaik tiga. Prestasi tersebut tentunya tidak diraih dengan mudah, membutuhkan kerja keras dan kekompakan.

Kepala MIN Pekuncen, Ellis Satiyawati mengatakan, bahwa usaha kerasnya bersama teman-teman tidak sia-sia. “Walaupun prestasi yang kami raih belum sesuai harapan, tetapi setidaknya tidak mengecewakan. Menjadi terbaik ketiga tingkat kabupaten tidaklah mudah. Padahal persiapan kami sudah maksimal. Dan tugas lebih berat lagi adalah kami akan maju ke tingkat wilayah pada akhir Maret mendatang di Kabupaten Banjarnegara. Kami mohon doa dan dukungan dari semuanya agar kami bisa menjadi yang terbaik,”katanya.

Secara terpisah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap melalui Kasi Pendidikan Madrasah, Makmur Khaerudin mengapresiasi torehan prestasi MIN Pekuncen. Dikatakan bahwa, tampilnya madrasah pada even-even umum, apalagi bisa berprestasi akan bisa membawa nama baik madrasah di masyarakat. Tentunya animo masyarakat untuk menyekolahkan anak-anaknya di madrasah juga bisa bertambah.(on)