Moderasi Beragama Di Bangun Dari KUA

Kota Magelang. Kualitas pelayanan berbagai agama dilaksanakan oleh kementerian agama melalui Kantor Urusan Agama. Dalam pelayanan yang diberikan tidak hanya pelayanan perkawinan tetapi juga mengenai pemahaman moderasi beragama, penguatan ekonomi umat dan program penguatan kebhinekaan. Demikian disampaikan Sofia Nur Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang pada sambutan pelantikan penghulu. (2/6)
“Kantor urusan agama menjadi cermin pelaksanaan program Kementerian Agama, dan sekaligus menjadi rumah bagi semua agama” kata Sofia.
Dalam Kantor Urusan Agama selain penghulu, terdapat juga pegawai struktural yang melayani pencatatan pengajuan pernikahan dibantu oleh penyuluh fungsional yang menyampaikan program pemerintah kepada masyarakat. Oleh karena itu, Kantor Urusan Agama diharapkan selain mampu menciptakan kedamaian juga memberikan kualitas layanan untuk kesejahteraan masyarakat. Penghulu memiliki peran penting dalam membangun keluarga bahagia sejahtera, dengan pelayanan dan penyampaian bimbingan perkawinan setidaknya akan memberikan pondasi dalam membangun rumah tangga. Tegas Sofia.
Pelantikan Penghulu Pertama atas nama Selamat Rahayu dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Magelang Jl. Urip Sumoharjo No 106 Kelurahan Wates Kota Magelang, yang dihadiri oleh Kasubbag TU, Kasi dan Gara, Camat Magelang Selatan, Kapolsek Magelang Selatan dan ASN  dari lingkungan internal. 
Pelantikan dan promosi jabatan ini merupakan program pemerintah untuk meningkatkan kualitas pegawai dari struktural ke fungsional yang mengedepankan fungsi dan layanan optimal.
Pada pelantikan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang berharap perubahan status pegawai struktural menjadi fungsional akan memberikan peningkatan kinerja dan mampu menjadi pelayan masyarakat yang baik. (Wahono)