Peringati 10 Muharam, OSIS MAN Batang Gelar Santunan Anak Yatim

*MAN Batang sedang memberikan santunan pada Yatim Piatu di lingkungan madrasah

Batang – Dalam rangka peringatan hari Asyura atau 10 Muharam 1443 H MAN Batang menggelar santunan kepada 22 anak yatim piatu di Lingkungan Madrasah kegiatan itu diselenggarakan pada Jumat 20 Agustus 2021.

Kepala MAN Batang, H. Alwi dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan masuknya bulan Muharam ini harapannya perlu ditanamkan amal kebaikan dan mengawali tahun baru hijriyah dengan berdoa agar senantiasa mendapatkan barokah dari Allah SWT.

“Bagi orang tua siswa baik yang masih ada maupun sudah meninggalkan dunia ini, para siswa diharapkan selalu mendoakan semoga senantiasa mendapatkan ampunan-Nya. Mematuhi perintah orang tua merupakan kunci keberhasilan dan kebahagiaan,” jelas H. Alwi

Dia juga menegaskan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan yang diinisiasi oleh OSIS itu, karena kegiatan itu sangat baik dan sangat dianjurkan oleh agama.

“Paling tidak para siswa memahami bahwa bulan Muharam sangat baik untuk memberikan santunan pada mereka yang membutuhkan, karena ini memang tuntunan dari Rasulullah,” tegasnya.

Sementara itu Sa’dullah Penanggungjawab kegiatan menyampaikan bahwa bulan Muharam dijadikan awal tahun hijriyah, diantaranya karena bulan ini memiliki keistimewaan.

“Mendoakan orang tua yang telah meninggal dunia semestinya kita harus meyakini bahwa doa tersebut akan sampai ke kehadirat Allah SWT,” kata Sa’dullah.

Sedangkan Ketua penyelenggara kegiatan Ari Alwi Purnomo, kelas 11 IIK-2 menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki beberapa tujuan diantaranya meupuk keimanan dan ketakwaan kita pada Allah SWT, memupuk ukhuwah islamiah serta kepedulian kita pada yatim piatu.

“Ada empat tujuan yang akan dicapai dalam kegiatan itu, pertama; meningkatkan iman dan taqwa dengan segala cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta memupuk ukhuwah islamiyah antara sesama. Kedua; menumbuhkan kesadaran diri untuk membelanjakan hartanya di jalan Allah SWT dengan menyantuni anak yatim/piatu dan fakir miskin dan ketiga; mengajak para guru, karyawan dan siswa MAN Batang untuk berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Keempat; meningkatkan peran Madrasah Aliyah Negeri Batang di lingkungan Masyarakat Batang,” jelasnya.

* Para Pengurus OSIS MAN Batang berpose bersama setelah kegiatan santunan anak yatim-piatu

Dia juga menyampaikan alhamdulillaaah uang yang terkumpul dr infaq bapak/ibu keluarga besar MAN Batang untuk kegiatan hari itu (santunan anak yatim/piatu/yatim piatu) berjumlah Rp. 2.205.000 (Dua Juta Dua Ratus Lima Ribu Rupiah).

“ Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada bapak/ibu keluarga besar MAN Batang yang telah berkenan untuk menyisihkan rizqinya guna suksesnya kegiatan Muharam (santunan anak yatim/piatu/yatim piatu), teriring doa semoga Allah membalas dengan balasan yang lebih baik, semoga yang diinfaqkan diterima Allah SWT  dan akan mendapatkan pahala selalu mengalir walau kita sudah meninggal dunia kelak, serta semoga menjadi perantara Allah mengkaruniakan rohmah, dan keberkahan rizqi kita, Aamiin,” pungkasnya.( Endon Nurcahyati/Zy )