Monitoring Penerimaan Dana PIP Tahap II MTs N 1 Pekalongan

Kab. Pekalongan – Terkait dengan penyaluran dan penerimaan dana Pogram Indonesia Pintar (PIP) tahap II dari pemerintah pusat  guna peningkatan mutu pendidikan, Selasa 19  Oktober 2021 MTs. Negeri 1 Pekalongan mendapatkan kunjungan dan monitoring Masitoh, S.Pd.I dari Kementerian Agama Pusat dan Drs. H. Busaeri, MH., Kasi Penmad Kantor Kementerian Agama kabupaten Pekalongan. Selasa, (19/10/2021).

Monitoring berlangsung di ruang Kepala Madrasah dengan sasaran monitoring bendahara Pengelola PIP Muslimah dan siswa penerima PIP. Monitoring juga membahas  tentang realisasi pencairan dan  penggunaan uang bantuan PIP.

Muslimah  memberikan keterangan, ”Ada 14 siswa yang mendapat bantuan PIP tahap II di tahun ini, dan masing-masing siswa penerima PIP menerima dana Rp 750.000 dan dana PIP tahap II ini sudah diterimakan pada siswa dan wali murid penerima PIP tanggal 27 Sepetember lalu. Jadi semua penerima dana PIP untuk tahun 2021 ada 109 siswa. Pada tahap I ada 95 siswa dan Tahap II ada 14 siswa.” jelasnya.

Saat dikonfirmasi tentang penerimaan bantuan PIP ini Azzena Zilaikha Rafa, Kelas 9H, salah satu siswa penerima PIP ketika mendapat pertanyaan dari Masitoh menyampaikan, “Mendapatkan uang Rp 750.000,- dan digunakan untuk membeli perlengkapan sekolah sperti tas, buku tulis alat tulis,” demikian tutur Azzena.

Sementara penerima dana PIP Indah Kusuma Aini Kelas 8G menuturkan besaran dana yang diterima yaitu Rp 750.000,- dan digunakan untuk membeli baju sekolah dan peralatan sekolah seperti buku dan alat tulis.

Atas hasil monitoring yang dilakukan, Masitoh menyampaikan, “Penyaluran PIP sudah bagus dan sudah sesuai dengan ketentuan. Dengan adanya dana PIP agar siswa dan siswi penerima bantuan belajar lebih giat lagi.” ujarnya.

Senada dengan Masitoh, Kasi Penmad H.Busaeri berharap agar dana PIP dapat bermanfaat untuk siswa penerima, termotivasi lebih giat belajar dan  agar jumlah penerima PIP MTsN 1 Pekalongan kuotanya ditambah lagi sesuai jumlah pengajuan. (US-IY/Ant/bd).