Motivation Building Guru Dan Karyawan MAN Insan Cendekia Pekalongan

Kota PekalonganMotivation Building bagi guru dan karyawan MAN Insan Cendekia Pekalongan diselenggarakan Senin – Selasa, (03 – 04/04) dilokasi Wanawisata Lolong Adventure Kabupaten Pekalongan. Motivation Building diikuti oleh guru dan karyawan MAN Insan Cendekia Pekalongan dengan narasumber dari  MANTIKA EDUCATION pimpinan Sisworo Hadi, yang sangat mahir dalam meningkatkan motivasi kerja.

Acara ini dibuka dengan penuh semangat oleh Ahmad Maulana, selaku Wakil Kepala Bidang Kurikulum MAN Insan Cendekia Pekalongan sekaligus mewakili Kepala MAN Insan Cendekia Pekalongan Mashuri yang berhalangan hadir, mengikuti  acara SerahTerima Jabatan dari Plt. Kepala MAN Insan Cendekia Pekalongan Ahmad Najid.

Motivation Building merupakan rangkaian kegiatan peningkatan kualitas mengajar guru MAN Insan Cendekia Pekalongan,” ujar Ahmad Maulana.

Dalam sambutannya, Ahmad Maulana mengatakan bahwa program pengembangan kualitas mengajar guru MAN Insan Cendekia Pekalongan sudah di desain sedemikian rupa acaranya, yaitu : Motivation Building, Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Jurnal Penelitian, serta Penyusunan Kurikulum 2013 MAN Insan Cendekia Pekalongan.

Kegiatan Motivation Building sebagai upaya untuk menumbuhkan dan memberikan suatu suntikan semangat agar dalam melaksanakan tugas-tugas akademik dapat meningkatkan motivasi, semangat, dan menjalankan segala kegiatan dengan lebih baik.

“Kegiatan terbagi menjadi 2 macam, yaitu : kegiatan indoor (Motivation Building) dan kegiatan outdoor (Outbond),” kata Maulana. 

Materi pertama dengan tema “How Be A Good Teacher” yang disampaikan oleh Ega dan moderator Nurhalik.  “Guru sukses itu mempunyai motivasi mengajar, mempunyai perencanaan mengajar, dan mempunyai hasil mengajar yang tinggi,” ujar Ega, salah satu instruktur dari MANTIKA EDUCATION.

Ega juga menyampaikan bahwa guru sukses itu banyak beranjak dari nol bukan beranjak dari yang sudah jadi dan menggunakan otaknya bukan otot. Ada 3 pikiran yang merugikan, yaitu : (1) terhadap dunia, cenderung melihat kekalahan (2) terhadap diri sendiri, menganggap diri sendiri kurang baik, tidak layak, dan tidak berharga (3) terhadap masa depan, melihat penuh kesukaran, frustasi, dan kerugian.

Masalah yang sering terjadi pada hidup manusia adalah antara kesenangan dan kebahagiaan. Kesenangan bersifat hanyalah sesaat dan bersumber dari nafsu, sedangkan kebahagiaan ini abadi dan bersumber dari hati,” kata Ega.

Selanjutnya, masih kata Ega dalam menutup materinya dengan memberikan 5 prinsip pegangan dalam bekerja nanti, yaitu : kerjaku adalah ibadah, kerjaku adalah  wujud kemanfaatan diriku untuk orang lain, kerjaku adalah cermin diriku sebagai muslim, prestasi kerjaku adalah sumbangan penting untuk kemajuan islam dan umat islam, dan hasil kerjaku untuk dunia dan akhirat.

 Pimpinan MANTIKA EDUCATION Sisworo Hadi, selaku Pemateri kedua mengatakan bahwa kesuksesan itu milik semua orang, namun tidak semua orang mau sukses. Intinya sukses itu dapat dibangun tidak hanya dari diri kita tetapi dari orang lain. Selain memberikan sebuah materi, beliau juga memberikan motivasi dengan cara memutarkan sebuah video-video penuh inspirasi dan semangat dalam meraih sebuah mimpi yang besar.(ms/rf).