MTQ Jangan Hanya Sekedar Ceremonial

Temanggung Dalam rangka menumbuh kembangkan minat membaca, menghayati, memahami dan mengamalkan Al Quran serta untuk menggali kader-kader ahli Al Quran untuk dipersiapkan dalam mengikuti MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2017, Pemkab Temanggung  bekerja sama dengan Kementerian Agama dan pihak-pihak terkait, Selasa (25/7/17) selenggarakan MTQ tingkat Kabupaten Temanggung  yang secara resmi dibuka oleh Bupati Temanggung. Pembukaan MTQ Umum Tingkat Kabupaten Temanggung diselenggarakan di Pendopo Pengayoman Temanggung.  MTQ tingkat Kabupaten ini diikuti oleh lebih dari 100 orang peserta dari berbagai tingkat dan cabang yang di musabaqahkan. Acara Pembukaan dihadiri termasuk didalamnya hadir pula Bupati Temanggung, Kasi Bimais Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, Kepala KUA Kec. Se Kabupaten Temanggung, Kepala Dinas Instansi dan beberapa Undangan yang lain.

Dalam sambutannya, Bupati Temanggung, Bambang Soekarno, antara lain mengatakan bahwa “MTQ Jangan Hanya Sekedar Ceremonial” Intinya MTQ harus bisa menghasilkan putra/putri bangsa yang terpilih dan menjadi kader-kader pecinta kitab suci yang benar-benar mengerti, memahami, dan bisa mengamalkan Al Quran secara luas dimasyarakat.

Di harapkan bacaan Al Qur’an bisa menjadi penyejuk hati dan berpengaruh terhadap kualitas akhlak / budi pekerti keseharian masyarakat atau dengan kata lain mampu membumikan Al Quran di Kota Tembakau ini. Selain itu dari peserta yang keluar sebagai peraih nilai terbaik pada setiap cabang kepada Panitia dimohon untuk menindak lanjuti dengan diadakan pembinaan-pembinaan secara maksimal, dengan demikian dalam mengikuti MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2017 nanti betul-betul siap mental, lahir maupun batin, harapnya.

Bupati  Bambang Soekarno menambahkan bahwa MTQ merupakan kegiatan yang telah mentradisi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa kita. Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersendiri dalam kehidupan masyarakat, mengingat even keagamaan ini selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, juga secara nyata telah terbukti mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

Adapun cabang MTQ akan memperlombakan Tilawah Dewasa, Remaja, Anaka Pa/Pi, Tahfidz dan Tilawah  1 Juz, 5 Juz Pa/Pi, Tahfidz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz  Pa/ Pi,  Fahmil, Syarhil, Muqalah Qur’an,  dan Kaligrafi.

Mengakhiri sambutannya Bupati berpesan kepada peserta yang kali ini belum berhasil diharap untuk tidak berkecil hati, terus kembangkan kemampuan untuk meningkatkan prestasi dalam pengembangan keilmuan Al-Quran. Akhirnya dengan Mengucap “Bismillaahirrahmaanirrahiim” Bupati Temanggung  secara resmi membuka MTQ Umum  tingkat Kabupaten Temanggung tahun 2017.(sr/Af)