Sabet 16 Kategori, Kafilah MTQ Pati Raih Juara Umum Tingkat Jateng

PatiKafilah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Pelajar asal Kabupaten Pati akhirnya berhasil merebut gelar juara umum pada MTQ Pelajar Ke-32 Jawa Tengah di Surakarta, 15-18 November 2017, setelah merebut 16 kategori yang dilombakan.

Para qori dan qoriah pelajar Pati yang berangkat dengan bus milik Pemkab Pati tersebut, sukses menyisihkan kafilah dari 34 kabupaten/kota yang berlomba di MTQ pelajar tingkat Provinsi Jateng ke-32 dan ditutup pada Sabtu (18/11).

Pada MTQ Pelajar tingkat Jawa Tengah ke-32/2017 ini, Kabupaten Pati mengirimkan kafilah MTQ sebanyak 16 orang dan mengikuti seluruh cabang lomba yang dimusabaqahkan.

“Diantaranya ada tartil SD kemudian ada tartil SMA dan SMP. Lalu ada tahfid 1 juz dan tilawah putra dan putri. Kemudian Tahfidz 1 juz tilawah Putra dan Tilawah Putri,” ujar pendamping kafilah Kabupaten Pati, Nur Hamid. Pihaknya menyatakan puas dengan prestasi tersebut.

“Pada 2017 MTQ Umum, Kabupaten Pati juara umum. Dan Alhamdulillah MTQ pelajar tahun ini pun Kabupaten Pati berhasil mendapatkan juara umum MTQ ke 32,” imbuhnya.

Hasil sebagai juara umum di MTQ pelajar ini, lanjutnya, akan menjadi pemacu semangat bagi para pelajar untuk mencapai prestasi di ajang yang lebih tinggi.

“Strategi kita adalah mengintensifkan latihan, dan saat mendekati waktu perlombaan porsi latihan lebih kita tingkatkan,” imbuhnya.

Pada penyelenggaraan tersebut, selain Kabupaten Pati yang meraih juara di sebanyak 16 kategori, daerah yang berhasil masuk lima besar di antaranya Kabupaten Kebumen (13 kategori), Kabupaten Klaten (12 kategori), Kabupaten Wonosobo (11 kategori), Kabupaten Semarang (10 kategori) dan Kabupaten Banyumas (10 kategori).

Sekda Pati Suharyono, yang beberapa hari lalu mewakili Pemerintah Kabupaten Pati melepas keberangkatan kafilah MTQ Pelajar dari Pendopo Kabupaten Pati ini, mengaku bangga dan turut senang dengan capaian yang telah diraih para pelajar tersebut. Pihaknya berharap mereka dapat kembali mengharumkan nama Pati di tingkat nasional. (hms/Athi’/bd)