MTQ Mahasiswa ajang syiar Islam di lingkungan kampus

Semarang – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa XXV tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Jawa Tengah merupakan program ungulan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui LPTQ dengan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

“Agenda tahunan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan dan mendorong semangat mahasiswa untuk memahami, menghayati dan mengamalkan Al-Qur’an agar menjadi generasi muda ilmuwan yang Qurani, berakhlak mulia, maju, mandiri serta mampu beradaptasi dengan modernisasi dan menepis akibat negatif dari pengaruh globalisasi”, demikian disampaikan Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Drs. H. Ahmadi, M.Ag yang sekaligus sebagai Ketua Umum LPTQ Prov. Jateng.

Lebih lanjut Kakanwil menambahkan bahwa “Salah satu misi Kementerian Agama adalah meningkatkan kualitas kehidupan beragama, dimana tugas tersebut tidak dapat diemban sendiri oleh Kementerian Agama dukungan dan peran serta dari penyelenggara negara yang lain bahkan masyarakat sangat dibutuhkan, seperti halnya dengan penyelenggaraan MTQ Mahasiswa ini tidak terlepas dari peran dan dukungan maksimal dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah”.

MTQ Mahasiswa XXV tahun 2015 ini diikuti oleh 35 perguruan tinggi se-Jawa Tengah, Adapun cabang yang diperlombakan antara lain Tahfidz 1 Jus Tilawah, Tilawah dan Musabaqah Makalah Ilmiah Islam (MMIQ) yang terbagi menjadi 2 putra dan putri. Dengan mengambil lokasi di Asrama Haji Transit Manyaran Semarang, kegiatan ini digelar mulai tanggal 1 Mei 2015 dan harapannya 3 Mei 2015 bisa selesai.

 Mengakhiri sambutannya Ahmadi menegaskan harapannya “Sesuai dengan tema yang diambil dalam MTQ Mahasiswa ini Perkuat Jalinan Silaturrahim menuju Terwujudnya Ummatan Wasathan harapannya para mahasiswa sebagai umat Islam bisa menjadi umat pilihan dan terbaik, umat paling mulia dan utama, umat yang menjunjung tinggi nilai keadilan. Karena, Allah menjadikan umat Islam sebagai umat tengah, Allah memberi secara khusus syariat yang paling sempurna”.

Hadir dalam pembukaan MTQ Mahasiswa dari Biro Bintal Pemprov Jateng H. Rahardjanto Pudjiantoro, SH.,MT yang mewakili Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (gt)