MTQ Pelajar Upaya Membumikan Nilai Al Qur’an pada Generasi Muda

Surakarta – Kemeriahan pembukaan MTQ Pelajar XXXII tingkat Jawa Tengah terasa berbeda. Dibawah guyuran hujan yang membasahi kota Surakarta, siswa MAN 1 Surakarta ikut menghangatkan suasana malam yang dingin itu dengan menampilkan tari saman untuk memeriahkan pembukaan MTQ pelajar. Bertempat di halaman Balaikota Surakarta pada Rabu (15/11),

Acara yang diadakan setiap tahun oleh LPTQ Jawa Tengah tersebut, telah memasuki penyelenggaraan ke 32 kali dan diikuti oleh pelajar dari seluruh Jawa Tengah. Tahun ini Kota Surakarta ditunjuk sebagai tuan rumah.

Selain penampilan tari saman dari MAN 1 Surakarta, juga ada penampilan dari MI Ta’mirul Islam dan Paduan Suara MAN 2 Surakarta yang mendapat apresiasi luar biasa dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an oleh Muh. Misbahul Munir ( Juara 1 MTQ pelajar tahun 2016) dan saritilawah Ilma Firliasari ( MAN 1 Surakarta). Berlanjut dengan sambutan kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Farhani, selaku ketua LPTQ Jawa Tengah.

“Acara ini merupakan upaya untuk membumikan nilai-nilai Al Qur’an di kalangan generasi muda,” kata Farhani.

Tema yang diangkat dalam MTQ pelajar kali ini menurut Farhani adalah Aktualisasi Nilai-nilai Al Qur’an Guna Mewujudkan Generasi yang Waras, Wasis, dan Berakhlak mulia,” berlangsung dari 15 – 18 Nopember 2017.

Dalam sambutan pembukaan MTQ pelajar, Ganjar Pranowo menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh panitia, peserta dan pendamping. MTQ pelajar merupakan sarana yang efektif membentuk generasi  Islam yang berakhlak serta berkarakter.

” Juara MTQ pelajar saya yakin dia tidak akan mabuk-mabukan, menyebarkan berita hoax, dan tidak mudah terpengaruh faham-faham yang menyimpang,” kata Ganjar.

Diharapkan kegiatan ini terus dilakukan untuk membentuk generasi Islam yang qur’ani. (ma1-rma/Wul)