Koordinasi Lintas Sektoral Maksimalkan Layanan Haji 2019

Wonosobo – Guna mengoptimalkan Pelayangan Haji tahun 2019, Kantor kementerian Agama Kabupaten Wonosobo beserta Lintas Sektoral Pemerintah Daerah Wonosobo Gelar Pertemuan pembahasan Pelayanan Haji. Pertemuan tersebut dilaksanakan di Rumah Makan Bu Cip Wonosobo, Jum’at (1/2) lalu dengan melibatkan berbagai komponen terkait.

Adapun sejumlah instans yang hadir yakni Kemenag Wonosobo, Pemda Wonosobo, Kabag Kesra, Direktur BPD, Ketua KBIH se Wonosobo, Ketau IPHI, MUI, DMI, Bazda, Inquity dan Kepala Bapeda Wonosobo.

Dalam pembukaan pertemuan tersebut Kasi Haji Kemenag Wonosobo, Totok Jumantoro menyampaikan acara tersebut atas inisiasi Kepala Kantor Kemenag Wonosobo, Muhammad Thobiq.  Selanjutnya, Muhammad Thobiq menyampaikan tujuan dari pertemuan lintas sektoral yakni untuk membahas pelayanan jamaah haji dan ditemui inovasi baru untuk meningkatakan pelayanan.

“Bercermin dari tahun-tahun sebelumnya tentu pelayan Haji mempunyai segudang pengalaman pelayanan, dan harapan  pada acara ini akan ada banyak masukan sehingga esok pelaksanaan bisa lebih baik,” ungkap Muhammad Thobiq.

Selanjutnya Muhammad Thobiq juga meyampaikan terimakasih kepada sektor terkait yang sudah membantu melancarkan perjalanan Ibadah Haji dan sekaligus memberikan kenang-kenangan kepada salah seorang peserta pertemuan yaitu bapak Tarjo, yang saat ini baru menjabat Kepala Bapeda. Thobiq selaku KPA Kemenag mengapresiasi beliau karena integritas dan supportnya terhadap layanan haji yang baik di tahun 2017/2018.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Pak Tarjo atas apresiasi terhadap dukungan pelayanan Haji Kabupaten Wonosobo, Beliau ini adalah seorang patut diapresiasi atas integritas dan supportnya dalam hal Pelayanan Haji baik secara lintas sektoral maupun personal  dan mudah-mudahan kebaikannya menjadi amal jariah, kami pribadi dan kantor juga sampaikan selamat atas jabatan baru di Pemda Wonosobo yaitu Kepala Bapeda,” imbuh Thobiq.

Sementara itu usai menerima kenang-kenangan dari Kemenag Wonosobo, Tarjo berkomentar pihaknya merasa tersanjung atas apresiasi dari Kemenag.

“Saya  merasa tersanjung dan bangga  atas apresiasi dari Kankemenag Wonosobo. Semoga perjuangan esok akan lebih semangat, dan dapat lebih bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat  wonosobo dan pengalaman pendampingan jamaah haji sampai dengan tanah suci juga menjadi tambah tebal rasa empati terhadap layanan haji di Kabupaten Wonosobo,” ungkapnya.

Sebagai penutup acara kepala kemenag juga menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan dari Pemda Wonosobo berupa theodolit. Dan agenda ke depan kemenag akan lakukan ukur ulang kiblat di terminal, tempat makan dan lain sebagainya. (PS-WS/wul)