MTs Andalusia Sukses Selenggarakan Murottal Competition Ramadhan

Banjarnegara – Murottal Competition Ramadhan (MCR) tingkat SD/Ml yang digagas oleh MTs Andalusia Banjarnegara sukses digelar. Babak final kompetisi yang diikuti oleh 100 peserta dari empat kabupaten yaitu Banjarnegara, Wonosobo, Kendal, dan Tangerang ini telah selesai dihelat, Selasa (4/5) di Aula MTs Andalusia.

Kompetisi Murottal ini merupakan perlombaan yang ditujukan untuk menantang siswa-siswi tingkat SD dan MI dalam kualitas bacaan Al-Qur'annya. Sejak dibuka pada 25 April lalu, MCR telah menarik antusiasme masyarakat. Hal ini membuat Soenaryo, sangat bahagia dan berjanji akan menjadikan MCR sebagai agenda rutin.

“Senang sekali saya, sebab umat yang terbaik adalah mereka yang belajar dan mengajarkan Al Qur'an, Insyallah nanti kami jadikan agenda rutin,” ungkap Abah dalam sambutannya.

Ucapan terima kasih dan selamat juga disampaikan oleh Kepala MTs Andalusia, Anton Zaeni Noor, M.Si atas keberhasilan para finalis masuk ke babak final.

“Selamat saya sampaikan kepada seluruh finalis selamat berjuang dan tampilkan yang terbaik,” ungkapnya.

Pada babak final, para finalis ditantang untuk membaca QS. Al Hasyr ayat 17 sampai 24 sebagai surat yang wajib dibaca. Kemudian para finalis akan diminta membaca surat pilihan juri secara langsung. Penampilan sepuluh besar finalis ini disaksikan langsung oleh seluruh jajaran dewan Guru, Asatid, Mundhir Ma'had, dan Ketua YPI Andalusia.

Adalah Harmoni Cintanua Nirbita, siswi kelas 3 MI Al Fatah berhasil meraih juara pertama mengalahkan 9 finalis lainnya. Juara kedua diraih oleh M. Rofiq Al Qushoyyi dari MIM Bojanegara dan ketiga diraih oleh Azka Nafisa Aulia dari MI Ma'arif Joyokusumo. Ketiga juara utama tersebut mendapatkan trophy, sertifikat, dan uang pembinaan.

Selain juara utama, masih ada satu kategori juara yang diperebutkan yaitu juara favorit. Juara favorit ini akan ditentukan berdasarkan jumlah like terbanyak dari postingan video penampilan sepuluh finalis di babak final dalam akun Ig MTs Andalusia @andalusia_banjarnegara. Jadi penentuan juara favorit ini juga melibatkan peran aktif dari masyarakat untuk memberikan suaranya dengan cara menyukai atau like postingan video favoritnya.

“Kami mengharapkan partisipasi aktif dari masyarakat terutama dalam penentuan juara favorit ini, jadi silakan like sebanyak mungkin vidio dari finalis pilihan masing-masing,” tutup Indra Andrianto, S.Pd selaku ketua panitia MCR Penjurian untuk juara favorit akan berlangsung sampai akhir Ramadhan nanti. (sy/ak/rf)