MTs Muhammadiyah Batur Sukses Adakan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2021

MTs Muhammadiyah Batur Sukses Adakan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2021

Banjarnegara – MTs Muhammadiyah Batur sukses menyelenggarakan Lomba Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang diikuti oleh 12 siswa dari kelas 8 dan 9 yang dilakukan secara tatap muka. Lomba ini terdiri dari 3 bidang yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi dan IPS Terintegrasi dimana setiap bidang diikuti oleh 4 siswa. Peserta merupakan siswa yang telah di pilih oleh guru mapel di setiap jenjangnya dengan memperhatikan kemampuan setiap siswa selama mengikuti pembelajaran. Setiap siswa diberikan waktu selama 120 menit untuk mengerjakan soal.Kamis, (01/7)

Lomba KSM tingkat Madrasah telah rutin diselenggarakan setiap tahun sebagai persiapan untuk mengikuti lomba KSM Tingkat Kabupaten.

Ketua Panitia Penyelenggara, Wahyuni Azulfa, menjelaskan bahwa kegiatan ini dapat membantu guru pengampu untuk memilih siswa terbaik di setiap bidangnya untuk mewakili Madrasah dalam Lomba KSM tingkat Kabupaten.

“Nantinya akan terpilih peserta terbaik di setiap bidangnya dan akan mewakili Madrasah di Tingkat Kabupaten yang diharapkan dapat meraih gelar juara di ajang tersebut,” lanjutnya.

Sebelum pelaksanaan KSM ini, siswa sudah mendapatkan bimbingan dari masing – masing guru pendamping sebagai salah satu persiapan siswa. Diharapkan setelah mengikuti lomba, siswa mendapatkan ilmu pengetahuan baru yang mungkin belum didapatkan selama mengikuti pembelajaran di kelas.

“Selain sebagai persiapan mengikuti lomba KSM di tingkat Kabupaten, lomba ini juga sebagai salah satu cara untuk menggali potensi siswa secara akademik dan tentunya menambah pengalaman siswa.” Ujar Waka Kesiswaan, Mustafidah.

Zahratus Syita, Peserta Lomba Bidang IPA Terintegrasi dari kelas 8 menuturkan bahwa ini kali pertama ia mengikuti Lomba Sains di madrasah, walaupun merasa gugup tetapi ia bangga terpilih menjadi peserta Lomba KSM di tingkat Madrasah ini.

Disamping itu, penyelenggaraan kegiatan ini tidak melupakan aspek kesehatan peserta serta panitia karena diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat.“Lomba KSM di tingkat Madrasah ini diselenggarakan dengan mengikuti protokol kesehatan guna mengindari penularan COVID-19, sehingga kesehatan para peserta juga panitia senantiasa terjaga,” pungkas Kepala Madrasah, M. Rifa’i Darojat. (mus/ak/rf)