Rakor Persiapan Matsama MTs Muhammaddiyah Merden

MTs Muhammadiyah Merden Gelar Rakor Persiapan Matsama Di Tengah PPKM Darurat

Banjarnegara – Dalam rangka mempersiapkan tahun ajaran baru 2021/2022, Kepala Madrasah MTs Muhammadiyah Merden, Soleh Santosa mengadakan rapat secara virtual bersama dewan guru dan karyawan. Acara dilaksanakan melalui Google Meet, mengingat situasi saat ini yang masih pandemi dan belum memungkikan untuk melakukan pertemuan secara tatap muka, sehingga cara tersebut dirasa sebagai cara yang paling efektif untuk dilakukan,Kamis, (8/7).

Dalam awal acara, Soleh Santosa menyampaikan hasil Rapat Koordinasi Nasional yang pada hari sebelumnya telah dilaksanakan oleh Kementrian Agama (Kemenag), yaitu himbauan untuk selalu menjaga keselamatan kepada segenap peserta rapat dan himbauan bagi Madrasah terkait dengan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

“Dengan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), diharapkan madrasah untuk tetap berusaha menjaga kesehatan dan keselamatan. Maka dihimbau oleh direktur Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) bahwa bagi Madrasah yang sampai saat ini belum memiliki izin dari Kemenag, jangan sekali-kali untuk melaksanakan PTM, termasuk bagi Madrasah yang sudah mendapatkan izin, tetapi wilayahnya termasuk zona hitam atau merah, maka dihimbau untuk tidak melaksanakan tatap muka,” ujarnya.

Dengan diberlakukannya himbauan tersebut, beliau selaku Kepala Madrasah berharap kepada guru untuk lebih memaksimalkan kemampuannya dalam berkreatifitas serta lebih inovatif dalam menyampaikan atau memodifikasi pembelajaran.

“Saya harap guru bisa lebih kreatif dan inovatif, kalau bisa tidak hanya menggunakan Whatsapp, karena banyak program yang bisa digunakan seperti Google Classroom, Elearning, bahkan bisa juga menggunakan Quizizz yang merupakan Web Tool sebagai media pembelajaran yang sebelumnya telah diajarkan oleh pihak Universitas Ahmad Dahlan. Dan jangan lupa, administrasi juga harus disiapkan, termasuk RPP. Yang perlu diingat adalah jangan sampai administrasi yang disiapkan mengesampingkan kewajiban untuk memberikan pendidikan kepada anak,” terangnya.

Selain itu beliau menyampaikan terkait teknisi Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) yang sebentar lagi akan diselenggarakan. Kemudian beliau menghimbau bagi guru yang bertugas untuk mempelajari dan menindaklanjuti panduan teknis kegiatan yang akan dibagikan “InsyaAllah materi dan pengampu kegiatan MATSAMA sudah disiapkan. InsyaAllah nanti panduan teknis akan di share dan kegiatan dilaksanakan secara online. Semoga nantinya kegiatan yang dilaksanakan di Madrasah dapat berjalan dengan lancar” ujarnya. (rks/ak)