MTs N 2 Banjarnegara Gandeng Sahabat Madrasah Laksanakan AKMI

Banjarnegara – MTs N 2 Banjarnegara gandeng sahabat madrasah laksanakan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI).

Kegiatan AKMI diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 16-17 November 2021 di laboratorium komputer MTs N 2 Banjarnegara dengan mengandeng sahabat madrasah MI Joyokusumo.

Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama menyelenggarakan AKMI tahun ini. MTs N 2 Banjarnegara gandeng sahabat madrasah laksanakan AKMI dengan tujuan membantu pelaksanaan karena belum adanya sarana prasana yang memadai di MI Joyokusumo.

Sasaran AKMI tahun ini siswa kelas 5 MI Joyokusumo. Jumlah siswa yang mengikuti AKMI berjumlah 30 siswa.

 “AKMI 2021 akan mengukur tingkat literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya siswa kelas V MI,” jelas Wahyul Khomisah selaku kepala MI Joyokusumo.

“Siswa melaksanakan AKMI secara online dalam bentuk  Computer Based Test (CBT). Hasil dari tes tersebut, akan menjadi landasan pelaksanaan bintek tindak lanjut perbaikan pembelajaran guru, serta pendampingannya,” tambah Wahyul

MTs N 2 Banjarnegara memberikan layanan yang prima untuk sahabat madrasah. Persiapan yang dilakukan untuk melaksanakan AKMI selain perangkat yang mendukung, perlu juga proktor yang andal. Proktor menjadi ujung tombak suksesnya kegiatan ini.

“Sebelum melaksanakan AKMI perlu uji coba perangkat agar tidak ada kendala dalam pelaksanaan. Dengan mengandeng dan menfasilitasi sahabat madrasah dalam pelaksanaan AKMI diharapkan adanya simbiosis mutualisme.  Memberi pelayanan dan menghasilkan output siswa yang berkualitas yang bisa melanjutkan di MTs N 2 Banjarnegara,” jelas Wangid Sunandar Waka Kurikulum.(ws/ak/rf)