MTs N 4 Rembang Mantabkan Pelatihan Rapor Digital.

Rembang — MTs N 4 Rembang mantabkan pelatihan implementasi penilaian k 13 dalam rangka songsong aplikasi rapor digital (ARD). Pelatihan ini digelar pada Kamis (6/12/18).

Sebelum pelatihan digelar terlebih dahulu rapat evaluasi kegiatan belajar mengajar (KBM) yang dipimpin langsung oleh bapak Masrum selaku Kepala Madrasah. Masrum mengungkapkan di era digital semuanya serba digital, sehingga SDM guru harus paham IT, semuanya berujung pada demi terwujudnya kualitas madrasah yang lebih baik lagi, ucapnya.

Tata cara penilaian dan pengisian rapor terbaru yang dipandu oleh Waka Kurikulum, Yasrun. Pemantapan pelatihan digital ini merupakan kontinuitas dari pelatihan penilaian k-13 secara online yang dilaksanakan secara mandiri bulan agustus yang lalu.

Pada kesempatan ini, Yasrun mengungkapkan bahwa pemantapan pelatihan digital online ini merupakan sinergitas dari ARD, artinya jika kita menguasai pelatihan penilaian k-13 online maka untuk implementasi aplikasi rapor digital tinggal menyelaraskan saja, ungkapnya.

Ia juga berpesan kepada bapak/ibu guru untuk segera mengunci aplikasi ini, karena sifatnya rahasia sehingga perlu dilindungi sheet. Dia memaparkan, langkah-langkah dalam mengoperasi kan penilaian K-13 online adalah, memastikan akses internet, menggunakan mesin pencari google chrome untuk mencari file penilaian yang akan dibuka, mengisi identitas mapel, KKM, KD dan input nilai siswa.

Setelah itu, serta melindungi sheet agar tidak dapat diakses oleh pihak lain. “Menginput dan memonitor nilai juga dapat dilakukan via Hp android, sehingga lebih praktis,” ungkapnya.—dwi/iq/bd