Siapkan FASI Ttingkat Nasional, Kemenag Gandeng Pemkab Rembang

Rembang – Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Rembang tengah mempersiapkan pengiriman peserta Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) tingkat nasional yang akan digelar pada pertengahan September 2017 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kasi PD Pontren Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Musthofa, siang tadi. Musthofa mengatakan, hasil dari rakor Badko TPQ Jawa Tengah beberapa hari lalu, setiap daerah yang menjadi juara I pada FASI tahun lalu diharapkan mengirimkan peserta untuk mengikuti FASI tingkat nasional. “Alhamdulillah dari Rembang ada satu peserta yang berhasil mendapatkan juara I,” kata Musthofa.

Salah satu upaya Kemenag Rembang adalah dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Rembang agar mendukung penyelenggaraan pengiriman peserta. Musthofa mengaku telah melobi Bagian Kesra Setda Rembang untuk bisa membiayai pengirimkan peserta berangkat ke Banjarmasin.

“Pak Bupati, Abdul Hafidz menyambut positif rencana ini. Semua biaya pemberangkatan dan pemulangan beserta akomodasi akan ditanggung oleh Pemkab Rembang,” kata Musthofa.

Mengutip dari pernyataan Bupati, Musthofa mengungkapkan, jika peserta berhasil menjadi juara I tingkat nasional, maka akan mendapatkan hadiah khusus dari Bupati. Yaitu berangkat umroh, atau uang senilai berangkat umroh.

“Ini merupakan motivasi luar biasa dari Bupati untuk mendorong peserta menjadi juara I tingkat nasional. Semoga harapan itu tercapai,” ujarnya.

Musthofa mengatakan, rencana penghargaan dari Bupati tersebut merupakan apresiasi kepada peserta yang membawa prestasi untuk Kabupaten Rembang. “Kami menilai, Pemkab Rembang sangat berkomitmen dalam membangun SDM santri TPQ,” ujarnya.

Sementara Porsadin yang kin telah berganti nama menjadi Hubbul Wathon tingkat Provinsi Jawa Tengah akan diselenggarakan pada Juli mendatang, bertempat di Wonosobo. Sedangkan tingkat nasional akan digelar pada September 2017 di Surabaya.

“Kami juga tengah mempersiapkan untuk mengadakan Hubbul Wathon di tingkat Kabupaten, sekali dengan bekerjasama dengan Pemkab Rembang, Namun proposal yang kami ajukan masih diverifikasi,” pungkasnya.(ss/bd)