MTs Negeri 1 Kebumen Gelar Kegiatan Ramadhan Virtual 1 Bulan Penuh

Kebumen – Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan dimuliakan oleh umat Islam. Sebagai umat Islam yang taat maka selayaknyalah kita mengisi dan memulyakan bulan Ramadhan ini dengan kegiatan yang bermanfaat dalam pengembangan keilmuan dan bernilai ibadah. Namun demikian, kondisi lingkungan di dunia khususnya negara kita Indonesia yang sedang diuji dengan pandemi covid-19 menjadikan tantangan tersendiri bagi kita. Oleh karena dalam suasana demikian, demi kemajuan anak bangsa dan meningkatkan amal ibadah maka madrasah yang mempunyai slogan Madrasah Mendunia, yaitu  MTs Negeri 1 (MATANSA) Kebumen menyelenggarakan kegiatan Amaliyah Ramadhan secara berbeda dari biasanya, yang dinamai “Ramadhan Virtual MTsN 1 Kebumen Tahun 2021”.

Rangkaian kegiatan Ramadan dimulai dari pra Ramadan yang diisi penyampaian agenda kegiatan dan pembukaan. Ditayangkan secara live melalui you tube satu hari sebelum memasuki bulan Ramadan. Agenda berikutnya adalah amaliyah Ramadan yang meliputi shalat lima waktu, shalat Duha, Tadarus Al-Qur’an, shalat tarawih, membantu kedua orang tua di rumah, dan diakhiri dengan zakat fitrah. Selanjutnya kegiatan lomba Ramadan untuk peserta didik kelas 7 dan 8 meliputi lomba MTQ (putra/putri), lomba tahfidz, lomba dai dan menulis puisi islami. Sedangkan peserta didik kelas 9 mengikuti lomba menulis cerpen. Adapun 30 karya terbaik hasil lomba puisi islami akan dibukukan. Sedangkan hasil lomba cerpen kelas 9 akan dibukukan per kelas.

Agenda yang lain adalah pesantren Ramadan. Di antara kegiatannya adalah sinar ilmu Ramadan melalui video converence yang menampilkan kultum oleh masing-masing perwakilan kelas dan dilanjutkan tanya jawab atau pembahasan di kelasnya masing-masing. Selain itu pesantren Ramadan juga diisi pengajian oleh bapak/ibu guru MTsN 1 Kebumen dalam sesi Oase Ramadan melalui channel you tube. Kegiatan Ramadan diakhiri dengan pengumuman hasil lomba dan penutupan.

Terkait Tadarus al-Qur’an, MTs Negeri 1 Kebumen yang mempunyai motto: We are not the best but bismillah we want to try be better than others juga mempunyai agenda khusus untuk bapak dan ibu guru serta karyawan karyawati MTsN 1 Kebumen berupa tadarus al-Qur’an virtual. Jika siswa kelas 7, masing-masing kelas mempunyai target khatam al-Qur’an setiap dua hari sekali maka berbeda dengan siswa kelas 8. Masing-masing kelas mempunyai target khatam al-Qur’an setiap hari.

Dalam sambutannya, H. Sugeng Warjoko selaku Kepala MTSN 1 Kebumen menyampaikan doa dan harapannya agar kegiatan yg dilaksanakan untuk mengisi bulan suci Ramadan berjalan lancar, dapat mengisi bulan Ramadan dengan maksimal, dan menjadi ladang pahala. Selanjutnya beliau menyampaikan agar kegiatan pembiasaan selama Ramadan ini dapat menjadi alat pembentukan karakter. Setelah ramadan berakhir, para peserta didik diharapkan memiliki karakter dan pembiasaan selama Ramadan menjadi kepribadian yang mewarnai kehidupan dari mulai sekarang sampai dewasa atau tua nanti. “Saya berharap pembiasaan selama Ramadhan akan dapat menjadi sarana pembentukan karakter yang baik bagi peserta didik seluruh warga madrasah,” ucap Kepala Madrasah.(sy/fz).