MTs Negeri 1 Kota Semarang Luluskan 310 Siswa, 100 % lulus

Semarang – Sabtu (5/6) MTs Negeri 1 Kota Semarang meluluskan 310 siswa pada Jumat (4/6). Pengumuman kelulusan ini dilaksanakan pukul 17.00 WIB melalui daring karena saat ini masih berada di masa pandemi Covid-19.

Asroni, Kepala MTs Negeri 1 Kota Semarang, menyatakan, ”Alhamdulillah, siswa lulus 100%, total ada 310 siswa, terdiri dari 141 siswa laki-laki dan 169 siswa perempuan.” tuturnya.

Ia juga menambahkan, ”bahwa semua siswa yang lulus siap melanjutkan pendidikan ke jenjang MAN IC, dan MAN PK, MA, SMA, SMK, dan Ponpes sedangkan file PDF Kelulusan disampaikan secara daring, kemudian untuk pengambilan Surat Kelulusan dan Surat Keterangan Hasil Nilai Rapot Semester 1-5 dapat diambil pada hari kerja setelah pengumuman kelulusan (dimulai hari Sabtu, 5 Juni 2021).” imbuh Asroni.

Selaras dengan yang disampaikan oleh kepala madrasah, Mardjoko, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, membenarkan, ”bahwa siswanya lulus 100%. “Ada tiga kriteria kelulusan siswa di masa pandemi ini, yaitu siswa menyelesaikan seluruh rangkaian pembelajaran dari semester 1-6, siswa mempunyai nilai sikap dan kepribadian minimal baik, dan siswa mengikuti Ujian Madrasah yang diselenggarakan oleh MTs Negeri 1 Kota Semarang.” jelasnya.

Selain menjelaskan kriteria kelulusan, Mardjoko juga menegaskan, ”bahwa proses pengumuman kelulusan disampaikan melalui daring pada Jumat, 4 Juni 2021 pukul 17.00 WIB. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum ini juga berpesan kepada siswa agar setelah lulus siswa diharapkan sujud syukur atas kelulusannya. Dirinya juga mengingatkan agar siswa tidak  melakukan konvoi, corat coret baju, dan melakukan tindakan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.” demikian penjelasan Mardjoko.

Menurut, Lisa Irwana, wali kelas 9D, menyatakan, “bahwa menjelang pengumuman, anak-anak banyak yang tidak sabar dan berulangkali menelpon wali kelas. Anak-anak sangat tidak sabar dan berulang kali menelpon wali kelas. Mereka antusias bahkan sampai berteriak kegirangan.” ungkap Lisa.

Dirinya juga menambahkan, “bahwa banyak orang tua dan siswa yang mengucapkan terima kasih atas bimbingannya selama menjadi murid di MTs Negeri 1 Kota Semarang. Sebagai wali kelas, ia berharap semoga anak-anak dapat diterima di sekolah yang diinginkan  dan membawa nama baik almamater sekaligus mampu meningkatkan prestasinya.” tambahnya.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah, Hazel Rasendriya Rajendra, siswa kelas IXA, menuturkan rasa bangganya menjadi salah satu siswa MTs Negeri 1 Kota Semarang. “Saya merasa bangga dapat bersekolah di MTs Negeri 1 Kota Semarang. Bapak Ibu Guru mengajar dengan ramah dan sabar sehingga saat menyampaikan materi dapat kami terima dengan baik. Selain itu, teman-temannya juga begitu baik sehingga banyak hal yang dapat saya kenang”. tutur Hazel.

Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnnya kepada guru-guru yang telah mengajar dan mendidiknya dengan ikhlas dan sabar. Mantan ketua OSIS sekaligus peraih medali perak tingkat internasional ini selalu berharap semoga MTs Negeri 1 Kota Semarang dapat lebih maju, hebat, dan bermartabat (Humas Emtessa/HumasDM/bd).