MATSAMA MTsN 9 Boyolali

MTs NEGERI 9 Boyolali Laksanakan Pembukaan MATSAMA 2021/2022

Boyolali –  MTs Negeri 9 Boyolali  laksanakan pembukaan Masa Taafur Siswa Madrasah (Matsama) Tahun pelajaran 2021/2022 pada Senin (12/07). Kepala madrasah H. M Ali Imron  berkenan untuk membuka kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) Virtual Peserta Didik MTsN 9 Boyolali pada pukul 07.30 WIB. Kegiatan Matsama Virtual ini dilaksanakan secara terbatas dengan cara daring dan dipusatkan di gedung MTsN 9 Boyolali.Hal ini dilakukan karena masih dalam masa pandemi covid 19, serta mematuhi dan menaati instruksi mendagri no. 15 tahun 2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Pembukaan Matsama Virtual, dihadiri oleh Kepala Madrasah, Kepala Bagian Tata Usaha, dan Panitia,  Dalam sambutannya Kamad menyampaikan bahwa Pembukaan Matsama yang dilaksanakan secara daring ini, diharapkan dapat mengenalkan peserta didik baru terhadap kultur madrasah sebagai institusi pendidikan yang mempunyai ciri khas Islam.

“Matsama yang dilaksanakan secara virtual ini disamping sebagai ajang untuk memperkenalkan madrasah pada peserta didik baru, juga untuk mengenalkan kepada peserta didik terhadap kebiasaan baru yang terjadi selam pandemi, yang biasanya bisa dilaksanakan dengan tatap muka, kareana ada pandemi harus dilaksanakan dengan tatap muka juga tetap secara virtual, tidak langsung.”kata beliau.

Menurut kamad, kegiatan Matsama secara daring di MTsN 9 Boyolali ini akan dilaksanakan selama 3 hari, terhitung sejak hari ini, senin (12/07) sampai hari rabu (14/07). Dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan dapat menginformasikan, dan membina potensi akademik serta dapat memperkuat jati diri peserta didik sebagai agen moderasi beragama dengan jiwa mualimun, muadibun, dan murobiyun, sehingga harapan ke depan bisa lebih sukses dan berprestasi.

Diharapkan dengan dilaksanakannya matswama secara virtual, peserta didik yang baru dapat terpetakan potensi akademiknya, bakat dan minatnya, serta dapat memperkuat jati diri peserta didik sebagai agen moderasi beragama di lingkunganyya.” Ujarnya.

Setelah pembukaan Matsama selesai, kemudian acara dilanjutkan dengan kegiatan materi yang sudah dijadwalkan panitia, adapun materi yang pertama tentang Kemadrasahan, Sejarah Madrasah dan Profil MTsN 9 Boyolali yang disampaikan secara langsung oleh Kepala Madrasah, kemudian materi juga tentang Struktur Organisasi  Tata Kelola Tenaga Pendidik dan Kependidikan .materi berikutnya sisialisasi tata tertib madrasah dan KBM serta menjelaskan model Pembelajaran dan kegiatan Rutin PBM, yang di ampu oleh wali kelas 7.

Adapun materi yang akan datang berkaitan dengan kegiatan organisasi kesiswaan, prestasi dan alumni disampaikan oleh wakamad bidang kesiswaan Ihwan Shodiq, S. Ag.  Adapun materi  Anti diskriminasi.dan lainya di laksanakan sesuai jadwal yang telah di susun oleh panitia. Akhirnya kegiatan di hari pertama ditutup dengan materi tentang edukasi covid 19 dan cara pencegahannya, disampaikan oleh wali kelas secara bergantian. (AI/Jaim/rf)