MTs Negeri Petarukan Adakan Simulasi UNBK

Pemalang – Sebagai persiapan menghadapi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun pelajaran 2017/2018, sebanyak 320 anak siswa kelas IX MTs Negeri Petarukan mengikuti simulasi pertama UNBK. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 20 – 21 November 2017  di Ruang Komputer MTs N Petarukan.

Pada hari kedua pelaksanaan, Selasa (21/11) Sobirin selaku Pengawas MTs meninjau langsung jalannya simulasi didampingi Kepala MTs N Petarukan, Imam Sayekti. Ada beberapa pesan yang dia sampaikan kepada Kepala MTs dan panitia.

“Di samping sarana komputer yang memadai, menjaga kenyamanan juga penting seperti kipas angin atau AC di ruangan sehingga peserta didik akan lebih konsentrasi dalam mengerjakan soal,” pesan Sobirin.

Kegiatan Simulasi UNBK dibagi menjadi tiga sesi dengan pembagian tiga ruang, dimana masing masing ruang berisi 36 siswa. Adapun tujuan dari kegiatan simulasi ini adalah untuk mengecek kondisi infrastruktur atau sarana yang ada, latihan proktor dan teknisi mengikuti prosedur UNBK, mempersiapkan mental dan pengetahuan peserta didik untuk menghadapi UNBK.

“Kegiatan simulasi ini sebagai pembelajaran bagi peserta didik dalam menghadapi UNBK tahun pelajaran 2017/2018 dengan harapan untuk dapat mengetahui sejauh mana persiapan peserta didik dalam menghadapi Ujian Nasional, dan siswa akan terbiasa mengoperasikan peralatan IT, sehingga pada saat pelaksanaan UNBK anak-anak sudah tidak ragu lagi dalam mengerjakan soal ujian berbasis komputer,” tutur Kepala MTs, Imam Sayekti.

Imam berujar, dukungan dari orang tua/wali murid untuk ikut aktif dalam pengawasan dan bimbingan putra putrinya terutama kelas IX dalam menghadapi kegiatan akhir tahun pembelajaran sangat dibutuhkan. (humasmtsnptk/fi/rf)