MTs Salafiyah Pati Gelar Seleksi Beasiswa Qiro'ah Kitab

MTs Salafiyah Pati Gelar Seleksi Beasiswa Qiro’ah Kitab

Pati – MTs Salafiyah Kajen Pati telah selesai melaksanakan seleksi beasiswa Qiro’ah Kitab pada Rabu (8/9) yang dimulai pukul 8.00 sampai 14.00 WIB di aula madrasah setempat.

Peserta yang mengikuti seleksi beasiswa ini, sebagaimana dikatakan oleh Panitia Penyelenggara, Ahmad Saerozi, terdapat 14 peserta yakni 13 peserta putri, dan 1 peserta putra.

“Kitab yang dibaca adalah Taqrib. Untuk mendapat beasiswa 1 tahun, minimal peserta harus bisa membaca dengan benar per lafadz beserta maknanya mulai dari Muqaddimah sampai akhir Kitab Nikah,”ujar Saerozi

Sementara untuk beasiswa dua tahun, peserta minimal harus mampu membaca dengan benar mulai Muqaddimah sampai akhir Kitab Jihad. Adapun untuk mendapat beasiswa tiga tahun, peserta harus menyelesaikan sampai khatam. Di samping mampu membaca dengan benar, peserta juga akan ditanya seputar kaidah nahwu shorof oleh penguji.

“Apabila kesalahan peserta melebihi batas yang ditentukan oleh penguji, maka peserta dinyatakan tidak lolos. Kesalahan minimal dalam seleksi beasiswa kitab untuk satu tahun yakni maksimal 50 kesalahan, dua tahun 60 kesalahan, dan tiga tahun 70 kesalahan,” paparnya

“Seleksi dilakukan secara independen dengan menghadirkan guru-guru kitab yang telah berpengalaman di bidangnya,” pungkas Saerozi.

Sementara Kepala MTs Salafiyah Kajen Pati Ahman Ruman Masyfu’ saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa Ujian Qiro’ah Kitab ini penting untuk melestarikan tradisi salafus shalih dan menjaga ikon madrasah khususnya MTs. Salafiyah dalam mempelajari kitab kuning.

“Semoga jumlah peserta tahun depan bisa meningkat, terlebih untuk peserta putra, karena mereka akan menjadi penerus perjuangan para Kyai dalam menjaga dan membumikan turats,” harap Ruman Masyfu’. (rh/at)