MTs se Kabupaten Temanggung Adakan Bedah Kisi-Kisi UAMBN

Temanggung – Guna menyongsong dan menyambut pelaksanaan UAMBN MTs Tahun 2017,  Kepala  MTs  se Kabupaten Temanggung   mengikuti  bedah Kisi – kisi  UAMBN yang bertempat di MTs Negeri  Parakan  pada hari Sabtu (18/3) dengan Narasumber  Nur Hadi guru MAN 1 Semarang. 

Kegiatan  ini diikuti  Kepala MTs Negeri dan Swasta Se Kabupaten Temanggung sejumlah 33 MTs,   MTs N Wonosobo sejumlah 2 MTs dan  guru mata pelajaran Quran Hadist, Fiqih, SKI Aqidah Akhlaq dan Bahasa Arab sebanyak 175 guru, dibuka langsung oleh  Agus Salam selaku Ketua KKM MTs Kabupaten Temanggung sekaligus Kepala MTs Negeri Parakan.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan keprihatinan hasil UAMBN tahun 2016/2017 khususnya mata pelajaran SKI dan Bahasa Arab  dengan diselenggarakan bedah Kisi-kisi UAMBN tahun 2017 berharap nilai UAMBN siswa MTs se Kabupaten Temanggung tahun 2017 meningkat dan menjadi kebanggaan masyarakat Kementerian Agama Kabupaten Temanggung.

Disamping itu  Agus Salam, menyampaikan bahwa guru harus merubah mindsetnya, bekerja keras dan  harus selalu optimis untuk menghantar anak didiknya untuk meraih kesuksesan.

“Guru harus mampu menyiapkan dan menuntaskan anak didiknya dalam menghadapi Ujian 2017,” Kata Agus.

Lebih lanjut disampaikan tujuan diadakannya kegiatan ini agar para peserta mampu menganalisis dan menjabarkan kisi-kisi UAMBN. Selain itu diharapkan juga melalui acara ini peserta juga mampu menyusun soal yang berkualitas. Adapun target dari kegiatan ini  adalah menghasilkan produk berupa paket soal yang nantinya dipakai untuk kegiatan tryout UAMBN.

“Saya harapkan pengurus MGMP PAI MTs bisa lebih aktif lagi dalam memberdayakan organisasi dan anggotanya guna meningkatkan kualitas serta profesionalitas guru. Tetap tingkatkan komunikasi dan koordinasi, saling berbagi informasi yang didapat agar bisa selalu up to date dalam hal proses belajar mengajar,” tambahnya.

Pada bedah kisi-kisi soal kali ini guru yang hadir dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan mata pelajaran yang diampu yaitu, Al-Quran Hadist, Fiqih, Aqidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan Bahasa Arab. Selanjutnya masing-masing kelompok akan membuat soal sesuai dengan kisi-kisi yang sudah diterima.(sr/Af)