MTsN 1 Magelang, Gelar Baksos Daging Kurban dan Sembako

Mungkid – MTsN 1 Magelang melaksanakan Bakti Sosial berupa pembagian daging hewan kurban dan sembako kepada warga Gedangsambu di Balkondes Giri Tengah, Kecamatan Borobudur, Sabtu (25/08).

Bakti Sosial diikuti oleh Pengurus OSIS dengan menyerahkan 150 paket daging kurban dan sembako, berupa minyak, gandum, dan kecap. Pembina kegiatan Bambang Sugiarto, menyampaikan bahwa akses ke lokasi merupakan medan yang cukup sulit jika ditempuh menggunakan kendaraan sehingga penyampaiannya melalui perwakilan warga.

“Pendistribusian dilakukan dengan mengundang perwakilan warga mulai dari Kepala Dusun, Ketua RW, Ketua RT dan para pemuda. Ini dilakukan karena medan yang cukup sulit ditempuh menggunakan kendaraan sehingga disiasati serah terima dilakukan di Balkondes,” ujar Bambang.

Kepala MTsN 1 Magelang, Gunartomo, mengajak kepada para siswa bahwa melalui Bakti Sosial tersebut untuk menumbuhkan kerukunan umat beragama.

“Hasil baksos terkandung maksud bahwa kita peduli sesama, tidak hanya umat muslim saja tetapi terhadap non muslim pun kita juga harus peduli guna menumbuhkan kerukunan umat beragama. Ini juga menumbuhkan jiwa sosial, kita peduli dengan lingkungan, dengan situasi dan kondisi masyarakat di daerah-daerah minus yg wajib kita perhatikan, kita ikut peduli dengan kemampuan dan kondisi masyarakat yang menjadi lokasi baksos,” lanjutnya.

Paket daging kurban yang dibagikan merupakan hasil latihan kurban para siswa MTsN 1 Magelang. Dalam kegiatan tersebut, para siswa mempraktikkan mengelola hewan kurban mulai dari penyembelihan, menguliti, membersihkan jeroan, hingga mengemas daging. (bams-am/sua)