MTsN 1 Pati Punya Cara Unik Sambut Tahun Baru Islam 1440 H

Pati – MTsN 1 Pati menggelar berbagai cara guna menyambut tahun baru Islam bertajuk “Selamat Tahun Baru Islam 1440 H” Dengan berbudaya Islam Nusantara, kita perkuat ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathoniyah menuju NKRI yang hebat-bermartabat”, Senin (10/9/18). Peringatan ini diawali dengan karnaval keliling desa Pekalongan yang diikuti oleh seluruh civitas akademika MTsN 1 Pati, dengan diadakannya berbagai lomba, antara lain lomba menyanyikan lagu religi, doa bersama, dan makan ambeng bersama. Hal ini disampaikan Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak saat kami temui di ruang Penmad Kankemenag Kab. Pati, Selasa (25/9/2018).

Kegiatan tersebut berjalan sangat meriah meskipun dilaksanakan secara sederhana. Hal ini terlihat dari antusias segenap siswa, guru dan karyawan, dan juga sambutan masyarakat sekitar yang begitu hangat sehingga mampu membangkitkan ghirah dalam menyambut tahun baru Islam dengan penuh makna, ujar Syafak (begitu nama panggilan Kepala MTsN 1 Pati).

Menurut Syafak, yang juga disampaikan saat melepas keberangkatan karnaval secara resmi menyampaikan, “Islam nusantara budaya islami, NKRI harga mati, syahadatain sangune mati, tetap selamat-bahagia sampai akhirat nanti.” Bancakan dan berkat merupakan manifestasi Islam nusantara yang harus tetap dilestarikan dan digali makna dan ghirah yang terkandung di dalamnya, imbuhnya.

Ditambahkan Syafak, Pada kesempatan itu, Ia juga menyempatkan memberikan kuis tentang perjuangan Rasulullah dalam berhijrah dan juga tentang visi-misi madrasah, sekaligus menebar hadiah dadakan kepada para siswa yang berhasil menjawab kuis dengan benar.

Rangkaian acara yang dimulai pukul 07.00 sampai dengan 11.45 WIB ini ditutup dengan doa dan makan ambeng bersama secara lesehan di halaman madrasah yang diikuti seluruh civitas akademika MTsN 1 Pati, pungkas Syafak. (AM/Mj)