MTsN 2 Kota Semarang Gelar Kompetisi MIPA dan Tahfidzul Qur’an

Semarang – Dalam rangka menggali potensi siswa, MTsN 2 Kota Semarang mengadakan kegiatan spektakuler berupa Kompetisi MIPA dan Tahfidzul Qur’an tingkat MI/SD se-Kota Semarang dan sekitarnya. Kompetisi diikuti ratusan pelajar Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar, kegiatan dilaksanakan di kampus II MTsN 2 Kota Semarang, Minggu (03/03).

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kota Semarang Rachmad Pamudji  mewakili Kakankemenag menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya ajang kompetisi bagi siswa tingkat pendidikan dasar.

“Apresiasi kami berikan tidak hanya kepada panitia, juga kepada peserta serta berbagai pihak yang telah ikut mensukseskan kegiatan ini,” sambut Kasubbag TU.

Menurutnya ajang ini untuk membuktikan hasil dan proses belajar di madrasah dan sekolah umum yang telah dilaksanakan selama ini. Ia berharap kompetisi dapat menjunjung tinggi sportifitas dan nilai-nilai Islami sehingga menghasilkan juara dan pribadi yang tangguh dan berakhlakulkarimah.

“Harapannya tentu para peserta semakin mengenal Madrasah Tsanawiyah sebagai lembaga pendidikan formal berciri agama Islam pada jenjang pendidikan dasar pasca MI/SD,” ujar Pamudji.

Ia menekankan MTs tidak kalah hebat dan bisa bersaing dengan sekolah umum yang lain.

“Jangan khawatir dengan mutu madrasah, di MTs tidak hanya mendalami ilmu agama tetapi juga ilmu sains, ilmu umum dan seni. Pendidikan madrasah berdasarkan ilmu, iman dan taqwa, ” pesannya.

Hadir pada acara tersebut Kasi Pendidikan Madrasah, pengawas dan komite MTsN 2 Kota Semarang.

Kamad Fathul Hadi melaporkan peserta kompetisi 227 siswa dari 67 sekolah, tidak hanya dari Semarang namun juga dari kota sekitar seperti Demak dan Jepara.

“Peningkatan mutu madrasah sangat diperlukan, dengan adanya kompetisi seperti ini maka madrasah khususnya madrasah kami, dapat menjadi dikenal dan idola masyarakat luas, “ujar Fathul Hadi.

Kompetisi yang baru digelar pertama kali di tahun 2019 ini dan berharap dapat digelar tiap tahun, dimeriahkan dengan pameran pendidikan dan praktik hasil karya siswa tiap bidang mata pelajaran. Juga ditampilkan pentas seni Group Rebana Modern MTsN 2 Kota Semarang (pimpinan Solikhul Hadi), Group Tari Kreasi Nusantara (pimpinan Mursyid) dan lagu-lagu religi (Setyo Aries dan Purwanto). Selain itu juga sarasehan guru pendamping bersama kepala madrasah MTsN 2 Kota Semarang.

Berhasil sebagai pemenang pada kompetisi Matematika juara 1, 2 dan 3 masing-masing Gyananda Rasendriya L (SDI Alazhar 29 BSB), Deky Putra Wicaksana (SDI Al-azhar 29 BSB) dan Naura Fitria R.H (SDN Pedurungan Kidul 03).

Bidang IPA, dimenangkan oleh Aliyya Majiid (SDI Al-Azhar 29 BSB), Alif Akbar Afahrezi (MI Nurul Islam) dan Gahyaka Galur W (SDI Tunas Harapan).

Juara Tahfidz, Alaena Nihadz Sauqiyah (SD IT Harapan Bunda), Aghisa Khilda Rosalinnawa (MI Miftahul Ulum) dan Athiyya Khairun Nisa (SD IT Harapan Bunda).

Panitia mengucapkan terima kasih kepada para sponsor kegiatan dari Bank Jateng, Giant Togosari, Bank Mandiri, Air Mineral Olympic, Exellent, SPBU Sukarno Hatta, LKS Koperasi Fastabiqul Khairot, Sauqi Press,Tribun jateng.(Mrsyd-ch/bd)