MTsN 5 Cilacap Kerja Sama Tingkatkan Derajat Kesehatan Siswa

Cilacap – Salah satu hal utama yang tidak bisa dikesampingkan manusia untuk meraih cita-cita adalah kesehatan. Kesehatan merupakan faktor penting yang sangat menentukan keberhasilan. Begitu pula untuk meraih prestasi pada bidang pendidikan madrasah. Karenanya, MTs N 5 Cilacap  bekerja sama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) 2 Nusawungu mengadakan acara pendistribusian tablet penambah darah untuk seluruh siswa putri.

Kepala MTsN 5 Cilacap, Toha Machfudi,  mengatakan bahwa, sebagai pengelola pendidikan madrasah pihaknya sangat menyadari akan pentingnya menjaga kesehatan para siswanya. Salah satu hal yang diantisipasi adalah fitrah yang dialami oleh kaum hawa, yakni menstruasi.

Menurutnya, siklus datang bulan adalah fitrah dari Allah SWT yang berjalan secara sistematis dan terukur. Sehingga tidak mungkin akan terjadi penyimpangan fungsi jika semuanya normal. Yang menjadi sasaran kegiatan adalah langkah antisipasi bagi mereka yang mungkin ada ganggunan pada sistem kesehatannya.

“Jika kita melihat kepada kitab Qur’an dan hadits, menjaga kesehatan merupakan salah satu perwujudan manusia yang taqwa. Di antaranya Allah melarang mengonsumsi sesuatu secara berlebihan. Allah juga mengharamkan makanan dan tindakan tertentu dan lainnya. Berdasarkan hasil pengkajian, salah satunya karena memiliki efek negatif terhadap kesehatan. Sehingga hal ini menjadi penting untuk dilakukan usaha menjaga kesehatan,”katanya.

Lebih lanjut dikatakan, sebelum menggelar kegiatan, pihaknya terlebih dahulu berkoordinasi dengan instansi yang membidangi dunia kesehatan. Hasilnya kemudian menyimpulkan untuk mengantisipasi kemungkinan kekurangan darah yang dialami siswa putri akibat menstruasi. Dengan dibagikan obat penambah darah, diharapkan dapat mencegah terjadinya kurang darah (anemia) yang bisa diderita oleh siswa putri. Sebagai tindak lanjut, kegiatan akan berlangsung hingga bulan keempat mendatang.(On)