Kegiatan Dianpinru Kwarcab Boyolali yang diikuit oleh MTsN 9 Boyolali

MTsN 9 Boyolali Ikuti Dianpinru Kwarcab Boyolali Tahun 2021

Boyolali – MTs. Negeri 9 Boyolali mengikuti kegiatan Geladian Pimpinan Regu (Dianpinru) yang di selenggarakan oleh Kwarcab Boyolali, mulai Rabu – Ahad 10 -15 November 2021 di SMPN 3 Mojosongo. Kegiatan gladi pinru tersebut diikuti oleh 64 Peserta dari tingkat SLTP dan 56 peserta dari tingkat SD. Kegiatan ini dihadiri perwakilan pengurus Kwartir Daerah Jawa Tengah Kak A.M. Puji Setiyono dan Wakil Ketua Kwarcab Boyolali, Kak Lasno.

Pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakulikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah yang dapat menumbuhkan sifat kemandirian dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila, pendidikan pendahuluan bela negara, kepribadian dan budi pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan kesegaran jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasiseni

Mewakili Ketua Kwarcab Boyolali, Wakil Ketua Kwarcab Boyolali, Kak Lasno mengatakan bahwa kegiatan dianpinru sengaja diadakan bertepatan dengan momen hari pahlawan agar pramuka dapat meneladani semangat para pahwalan.

“Kegiatan dianpinru ini dilaksanakan bertepatan dengan hari pahlawan, ini sangat tepat sekali karena mereka anak anak muda dan generasi muda yang akan datang, harapan kita dengan adanya dianpinru sekaligus moment hari pahlawan adik adik nanti bisa memahami, menginspirasi, bahwa dimasa yang akan datang perlu perjuangan untuk mencapai hasil yag terbaik,” Ujarnya.

Tujuan dari kegiatan DIANPINRU ini adalah untuk membekali materi kepramukaan kepada pimpinan regu dan dewan penggalang sehingga, mereka mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang lebih dibanding anggota pramuka yang lain, sehingga lebih siap mendampingi adik-adiknya saat latihan pramuka.

Ditemui terpisah, kepala Madrasah tsanawiyah negeri 9 boyolali, ali imron menyampaikan bahwa Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di Sekolah/ Madrasah merupakan tempat pendidikan  bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiataan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang baik.  

“Sikap yang baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran dan perbuatan, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan segala sikap yang lain. Singkat kata, diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.” Kata ali imron (AI/Zoelva/Jaim/rf)