MTsN Bekonang Fasilitasi SBT untuk Menghadapi UN

Sukoharjo-Jelang Ujian Nasional tingkat MTs/SMP semakin dekat, berbagai upaya disiapkan oleh guru sekolah dan siswa kelas IX untuk suksesnya UN tahun 2017. Hal ini meliputi kegiatan pemadatan materi dan latihan-latihan soal yang akan diujikan.

Namun demikian jika hanya tekun belajar dan mengasah otak saja, belumlah cukup, perlu adanya penguatan mental spiritual bagi siswa, sehingga nantinya ketika menghadapi ujian yang meliputi UAS, UAMBN dan UNBK siswa tidak minder atau bahkan stress yang berakibat tidak bisa mengerjakan soal-soal ujian dengan baik serta hasil yang dicapai kurang memuaskan.

Untuk itu sangat perlu adanya penguatan mental siswa melalui kegiatan SBT (Spiritual Building Trainning). Tujuan diadakannya SBT ini adalah untuk memberikan motivasi kepada siswa agar ber-muhasabah (interospeksi diri), meningkatkan spiritual keimanan dan ketakwaan agar terbentuk sosok insan yang percaya diri , berakhlaq,berkualitas, baik, jujur dan berprestasi.

Disetiap tahunnya tepat tanggal  22 Maret 2017 MTsN Bekonang selalu mengadakan kegiatan SBT, dan selalu bekerjasama dengan lembaga yang sudah berpengalaman dibidang SBT. Untuk tahun ini MTsn Bekonang berafilisasi dengan penerbit AIRLANGGA. Tak kurang dari 250 siswa kelas IX ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

SBT kali ini ditempatkan digedung serbaguna kelurahan Cangkol yang lokasinya berdekatan dengan gedung MTsN Bekonang, siswa berbaris rapi kemudian duduk diatas lantai.

Untung, nama salah seorang trainer dari Airlangga membagi SBT dalam  2 sesi, yang pertama siswa diajak melihat video tentang membangun motivasi mental melalui proyektor LCD, Kemudian sesi ke-2 siswa diajak merenungi dirinya sendiri melalui metode Hipnosis, pada sesi inilah siswa mulai terbawa emosionalnya sehingga tidak sedikit siswa yang menangis karena teringat akan semua kesalahan dan dosa-dosanya baik terhadap dirinya orangtuanya, dan guru yang telah mengajar membimbingnya.

Ditemui di ruang kerjanya Sabtu (25/03) Titik Budiwiyati waka kurikulum memberikan evaluasi tentang  kegiatan SBT tersebut, “Pelaksanaan SBT tahun ini berjalan dengan tertitib dan lancar, siswa mengikuti dengan antusias dan ada perubahan pada diri siswa yang tadinya ramai kurang disiplin ternyata hari berikutnya sudah ada perubahan, banyak yang berminta maaf kepada bapak/ibu guru bahkan ada yang sampai menangis dan minta didoakan agar bisa mengerjakan soal-soal ujian dengan mudah dan mendapatkan nilai yang memuaskan” tandasnya. “Kemudian harapan kedepannya siswa bisa lulus dengan baik dan berakhlaq mulia, beriman dan bertaqwa sesuai dengan visi dan misi MTs Negeri bekonang”. Imbuhnya lagi. (rif-djp/wul)