MTsN Blora Terima SK Madrasah Riset

Blora – Bertempat di Saung Bambu Mekar Sari, Kakankemenag Kab. Blora, M. Kafit menyerahkan piagam penghargaan Madrasah penyelenggara riset kepada MTsN Blora. Pada kesempatan ini, diterima langsung oleh Kepala MTsN Blora, Adibatus Syarifah, Senin (18/10).

Kegiatan pembelajaran riset di madrasah merupakan wadah pembinaan bakat dan minat peserta didik dalam bidang penelitian ilmiah. Pembinaan riset di madrasah ditujukan untuk melatih peserta didik dalam merencanakan ilmiah penelitian ilmiah, melakukan penelitian ilmiah dan menyusun laporan penelitian ilmiah.

Dilansir dari republika.co.id, Nur Syam selaku Dirjen Pendidikan Islam (Pendis) Kemenag RI, mengatakan bahwa kemampuan riset yang dimaksud bukanlah keahlian riset yang rumit, kompleks dan lengkap layaknya riset perguruan tinggi. Kemampuan riset madrasah tersebut lebih bersifat implementatif dan sesuatu yang terjadi sehari di lingkungan siswa.

Kasi Pendidikan Madrasah, Fathul Himam saat memberikan sambutannya memberikan contoh, misalnya teknik mengawetkan bahan makanan secara sehat. Termasuk penelitian mengenai lingkungan hidup sekitar, air, tanaman maupun sosial.

“Oleh karena itu bapak-ibu perlu kita berikan semangat motivasi, perkuat tim riset. Jangan cuma satu tim saja. Karena dengan banyak tim dapat mengajarkan anak untuk saling berkolaborasi serta untuk menghantarkan anak berpikir kritis dan logis. Untuk guru juga harus kreatif inovatif supaya dapat saling bersinergi,” ucap Himam

Pada kesempatan tersebut, Kakankemenag Kab. Blora, M. Kafit turut mengapresiasi atas pencapaian MTsN Blora  sebagai madrasah unggulan riset.

“Alhamdulillah untuk MTsN Blora tahun 2021 menjadi salah satu madrasah riset di Blora. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mengelola madrasah ini,” tutur M. Kafit.

Sebagai bentuk dukungan Kemenag terhadap madrasah riset, Kakankemenag Kab. Blora menyampaikan bahwa madrasah yang berbasis riset diminta untuk menambahkan kegiatan penelitian atau riset tersebut ke dalam kurikulum intrakurikuler maupun ekstrakurikuler.

“Sebagai bukti bahwa madrasah berbasis riset, kegiatan ini tolong dimasukan ke dalam muatan lokal maupun kegiatan ekstrakurikuler,” kata Kakankemenag Kab. Blora

Acara penyerahan SK Madrasah Riset berjalan lancar. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kakankemenag, Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala MTsN Blora beserta para waka dan guru. Selamat dan Sukses, semoga MTsN Blora dapat menjalankan amanah menjadi Madrasah Riset yang bermutu dan mendunia.(nn/rf)