Mudahnya Daftar Haji di PTSA Banyumas

Purwokerto (PHU)—Keberadaan Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSA) di sejumlah Kemenag terbukti memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam proses pendaftaran haji. Saat haji.kemenag.go.id berkunjung ke beberapa daerah untuk melihat layanan PTSA sempat berbincang dengan jemaah tentang PTSA. Seperti diungkapkan oleh Ririn, jemaah asal Banyumas saat berkonsultasi pendaftaran haji.

"Pelayanan di sini (PTSA Banyumas) cukup baik," ujar Ririn yang menanyakan proses mutasi data dan mutasi kloter, Selasa (27/12/2017).

Ririn yang telah mendaftar haji beberapa waktu lalu baru tahu kalau ada PTSA di Kemenag Banyumas. Dia pun juga mengaku tidak banyak tahu regulasi haji yang baru.

"Saya baru tahu kalau ada regulasi pendaftaran haji terbaru seperti boleh mendaftar lagi setelah 10 tahun dari keberangkatan haji terakhir," ujarnya.

Sedangkan untuk proses perubahan data atau pengajuan mutasi kloter, Ririn juga baru tahu setelah mendapat penjelasan dari pegawai Kemenag.

"Setelah datang dna konsultasi jadi tahu ada beberapa aturan baru. Malah sekarang untuk buat pasport umrah juga harus dapat rekomendasi Kemenag," tutur Ririn menambahkan.

Kemudahan layanan pendaftaran haji di Banyumas menurut Amirudin Kasi PHU karena beberapa faktor.

"Selain sudan ada BPS bpih juga karena ditunjang peralatan yang memadai. Selama ini jaringan Siskohat juga lancar. Bila ada masalah teknis kami langsung konsultasi ke pusat dan kanwil," tutur Amirudin, Selasa (27/12/2017).

Menurut Amirudin, terkait rekomendasi pasport jemaah umrah harus ada pengantar resmi dari travel.

"Saya tanyakan ke travel biaya umrahnya berapa. Hanya untuk berjaga-jaga. Saya harus tahu kalau biaya wajar," ucap Amirudin setelah memproses sejumlah rekomendasi pasport umrah.

"Kami selalu cek perizinan. Travel yang buka cabang di Purwokerto harus ada perizinan dari Kanwil. Rekomendasi sangat penting untuk menjaga keselamatan jemaah," tutupnya.

Layanan rekomendasi pasport umrah di Banyumas cukup banyak. Setiap bulan ada sekitar 200 an surat rekomendasi yang dikeluarkan. Bahkan pada musim haji mencapai 400 an per bulan, untuk persiapan umrah pasca oeprasional haji. (ab/ab).