Mughni Labib luncurkan buku zakat

Cilacap – Bertepatan dengan kegiatan sosialisasi zakat bagi pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ), KUA dan Madrasah Negeri se Kabupaten Cilacap, Kamis (26/2) Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Cilacap, Mughni Labib, meluncurkan buku berjudul tentang zakat di Aula Gedung Darussalam Cilacap.

Di tengah-tengah penjelasan materi tentang fiqih zakat, yakni zakat menurut hukum Islam termasuk zakat profesi, zakat mal dan zakat fitrah, Mughni Labib membagikan buku karangannya yang berjudul “Zakat, Teori dan Aplikasi” kepada seluruh peserta sosialisasi.

Buku tersebut berasal dari tesis Mughni Labib dengan judul “Penerapan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat (Studi Kasus Badan Amil Zakat Kabupaten Banyumas)”. Di mana Mughni Labib ajukan kepada Magister Studi Islam Program Pasca Sarjana Universitas Islam Indonesia pada tahun 2008.

Isi buku

Buku yang secara lengkap mengupas secara rinci bagaimana zakat bisa menjadikan manusia menuju kesejahteraan, perbincangan zakat dalam kacamata ahli fiqih, zakat dalam lintasan sejarah, potret keberhasilan pengelolaan zakat di dunia Islam, konsep kebijakan tentang zakat, dan fungsi utama zakat untuk menyejahterakan umat.

Untuk edisi pertama, buku zakat dicetak sebanyak 500 eksemplar dan diterbitkan oleh Pustaka Senja Yoyakarta. Buku zakat yang merujuk kepada berbagai mazhab, berisi teori sekaligus cara mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari disertai pedoman penghitungan dan contoh-contohnya, merupakan sumbangsih nyata Mughni Labib selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Cilacap kepada umat Islam.

Tujuannya yakni, memberikan pemahaman yang luas dan menyeluruh tentang zakat dan penerapannya, sehingga diharapkan bisa meningkatkan mental umat Islam untuk menjadi muzaki, sehingga kesejahteraan bisa terwujud melalui zakat, ungkapnya. (Budiono)